HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Update 12 Juli: Ada 7 kasus baru di Lanny Jaya, 1 pasien di Kota Jayapura meninggal

Infografis Covid Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 12 Juli 2020. – Jubi/Tim Satgas Covid-19 Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Papua pada Minggu (12/7/2020) mengkonfirmasi tujuh kasus baru positif korona di Kabupaten Lanny Jaya. Sejumlah tujuh kasus baru itu menjadi bagian dari 98 kasus baru positif korona yang terkonfirmasi di Papua pada Minggu.

Hasil pemeriksaan atas swab para terduga Covid-19 oleh tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Papua mengonfirmasi ada tujuh kasus baru positif korona di Kabupaten Lanny Jaya. Sebelumnya, di Lanny Jaya hanya ada satu kasus positif korona. Temuan tujuh kasus baru itu menunjukkan pemerintah daerah di Papua harus meningkatkan pengawasan pergerakan orang.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) menyatakan tujuh kasus baru positif korona di Lanny Jaya itu dialami warga setempat yang baru pulang dari Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya. “Dari diskusi kami, mereka adalah warga Lanny Jaya yang melakukan perjalanan dari Wamena menuju Kabupaten Lanny Jaya,” katanya.

Satgas Covid-19 Provinsi Papua sudah membangun komunikasi pemangku kepentingan Covid-19 di Kabupaten Lanny Jaya. Sebagian besar pasien positif Covid-19 di Lanny Jaya itu ditangani di rumah sakit setempat. ‘Mereka dirawat dengan kondisi sakit ringan hingga sedang. Kami dari provinsi mem-back up dengan semua kebutuhan, teristimewa kebutuhan akan obat-obatan,” kata Soemoele.

Situasi pandemi Covid-19 di Kota Jayapura juga belum menunjukkan tanda-tanda akan membaik. Dari 98 kasus baru yang terkonfirmasi di seluruh Papua pada Minggu, sejumlah 79 kasus diantaranya terjadi di Kota Jayapura. Sisanya, tersebar di Lanny Jaya (7 kasus), Kabupaten Jayapura (6 kasus), Keerom (4 kasus), dan Mimika (2 kasus).

Di Kota Jayapura, juga ada penambahan jumlah pasien meninggal. Pasien itu adalah perempuan berusia 50 tahun yang sakit kencing manis. Pasien bernama P itu telah meninggal dunia pada Sabtu (11/7/2020). Pada Minggu, Satgas Covid-19 Papua mendapatkan kepastian bahwa P positif terinfeksi korona.

Baca juga: 63 pasien baru korona di Papua, mayoritas dari Kota Jayapura

Loading...
;

Soemoele mengatakan petugas kesehatan telah melakukan upaya-upaya namun pasien tidak dapat tertolong. “Setelah dilakukan pemeriksaan swab, memang hasilnya positif. Penguburan pasien itu telah dilakuan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Pada Minggu, juga terdapat penambahan Orang dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 104 orang, tersebar di Kabupaten Mimika (101 kasus), Jayawijaya (1 kasus), dan Kota Jayapura (2 kasus). Dengan tambahan itu, total ODP di seluruh Papua mencapai 2.917 orang.

Jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) bertambah 3 pasien, semuanya berasal dari Keerom. Hingga Minggu, total jumlah PDP telah mencapai 253 kasus.

Sejumlah sembilan pasien Covid-19 dinyatakan sembuh pada Minggu. Mereka berasal dari Kabupaten Jayapura (1 kasus), Mimika (3 kasus), Kepulauan Yapen (3 kasus), dan kota Jayapura ( 2 kasus. Dengan tambahan itu, total kasus sembuh di Papua telah mencapai 1.094 kasus.

Soemoele mengingatkan bahwa kunci dari upaya penangan Covid-19 adalah kepatuhan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Ia menegaskan, petugas kesehatan adalah pertahanan terakhir dalam pandemi Covid-19. “Agar pertahanan terakhir ini mampu tetap berdiri kokoh, maka [masyarakat] harus mengikuti protokol kesehatan, tetap disiplin menggunakan masker, mencuci tangan dan tidak berkerumun dalam jumlah yang banyak,” katanya.

Ia menegaskan petugas kesehatan akan terus melakukan upaya-upaya pelacakan riwayat kontak pasien dan merawat setiap pasien Covid-19. “Tetapi, itu tidak mempunyai makna yang besar kalau warga tidak disiplin,” tegas Soemoele.

Di Jakarta, Gugus Tugas Covid-19 Pusat pada Minggu mengonfirmasi 1.681 kasus baru positif korona, sehingga total kasus positif di seluruh Indonesia mencapai 75.699 kasus. Sejumlah 919 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh pada Minggu, sehingga total jumlah pasien sembuh bertambah menjadi 35.638 pasien. Akan tetapi, Gugus Tugas Covid-19 pada Minggu juga mencatat penambahan pasien Covid-19 meninggal sebanyak 71 pasien, membuat jumlah pasien meninggal bertambah menjadi 3.606 pasien.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top