TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Update 12 Juni: Kasus positif korona di Papua bertambah 42 kasus

Infografis Covid Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 12 Juni 2020. – Jubi/Leo
Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Papua pada Jumat (12/6/2020) mengonfirmasi 42 kasus baru, menambah total kasus positif korna di Papua menjadi 1.211 kasus. Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) mengatakan kasus baru terbanyak ditemukan di Kota Jayapura.

Tambahan 42 kasus baru yang terkonfirmasi pada Jumat itu berasal dari Kabupaten Jayapura (7 kasus), Mimika (9 kasus), Boven Digoel (3 kasus), dan Kota Jayapura (23 kasus). Banyak kasus baru di Kota Jayapura membuat total jumlah kasus di ibu kota Provinsi Papua itu telah mencapai 591 kasus, setara 48,8 persen dari total kasus positif korona di Papua.

Soemoele mengatakan penambahan 42 kasus memberikan gambaran bahwa Papua masih memerlukan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas dalam mengendalikan pandemi Covid-19, terutama oleh pemerintah dan warga Kota Jayapura.

Kota Jayapura sudah mencatatkan 591 kasus positif korona. Dari jumlah itu, sebanyak 305 kasus diantaranya (51 persen) ditemukan di Kelurahan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan. Hingga Jumat, sebanyak 1.352 pasien Covid-19 masih dirawat di Kota Jayapura, terdiri dari 522 pasien positif korona dan 830 Pasien dalam Pengawasan (PDP).

Baca juga: Pasien terkonfimasi korona bertambah 3 di Boven Digoel

“Kami bersama-sama dengan tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura, teman-teman TNI/Polri, dan Dinas Kesehatan Provinsi Papua melakukan penanganan, terutama terhadap 830 PDP di Kota Jayapura. Langkah kerja kerja, keras cerdas dan tuntas dilakukan untuk segera memastikan kondisi mereka,” katanya pada Jumat.

Pada Jumat, juga terjadi penambahan PDP baru sebanyak 12 orang. Mereka tersebar di Kota Jayapura (9 orang), Kabupaten Biak Numfor (2 orang), dan Merauke (1 orang). Jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) bertambah 28 orang. Mereka tersebar di Kabupaten Merauke (21 orang), Jayawijaya (2 orang), dan Kota Jayapura (5 orang).

Soemoele mengingatkan tim gugus tugas Covid-19 di setiap kabupaten/kota untuk tidak kendur dalam mencegah penularan virus korona. Ia menyatakan temuan kasus baru positif korona di kabupaten yang selama beberapa waktu sempat “bebas korona” menunjukkan upaya pengawasan dan pencegahan harus terus dilakuan.

“Penyebaran penyakit [Covid-19] itu masih terus berjalan. Kita tidak boleh dengan cepat cepat mengatakan sudah bebas dan sebagainya,” katanya.

Tim juga mengonfirmasi 12 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh pada Jumat. Mereka tersebar di Kabupaten Mimika (8 orang), Nabire (2 orang), Merauke (1 orang), dan Kabupaten Jayapura (1 orang).(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us