Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Update 13 Agustus: Ada 9 kasus baru, Satgas Covid-19 Papua minta sekolah dipantau

Papua pandemi Covid
Ilustrasi, pandemi Covid-19 di Papua – Jubi/Leon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Papua pada Kamis (13/8/2020) mengumumkan ada sembilan kasus baru pasien terinfeksi virus korona di provinsi itu. Satuan Tugas Covid-19 Papua terus memantau kondisi para anak-anak yang mulai kembali bersekolah, setelah Pemerintah Provinsi Papua memberi wewenang bagi sejumlah kabupaten untuk menerapkan kebijakan adaptasi kenormalan baru.

Sejumlah sembilan kasus baru yang diumumkan Kamis berasal dari Kabupaten Mimika (5 kasus), Kabupaten Jayapura (2 kasus), dan Kabupaten Keerom (2 kasus). Dengan tambahan sembilan kasus baru itu, total kasus kumulatif kasus Covid-19 di Papua bertambah menjadi 3.234 kasus.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) menyampaikan pihaknya terus memantau kegiatan belajar mengajar secara bertatap muka di sejumlah kabupaten yang memberlakukan kenormalan baru. Ia menegaskan, proses belajar mengajar secara bertatap muka pada masa pandemi Covid-19 harus mengutamakan keselamatan anak didik.

Update 13 Agustus: Ada 9 kasus baru, Satgas Covid-19 Papua minta sekolah dipantau 1 i Papua

Seluruh para pengambil kebijakan yang memutuskan untuk membuka kegiatan belajar mengajar di sekolah dibuka lagi harus memantau indikator-indikator pandemi Covid-19, baik dari aspek pelayanan kesehatan, baik dari aspek epidemiologi, aspek surveilans dan perawatan. “Keputusan apakah kita bisa melakukan pembukaan sekolah atau tidak, dibutuhkan keterlibatan orang tua murid, dan komite sekolah,” kata Soemoele.

Baca juga: Update 12 Agustus: Satgas Covid-19 Papua pantau Mimika dan Nabire 

Ia menuturkan pengalaman Kabupaten Merauke yang sempat mengambil kebijakan sekolah dengan tatap muka pada awal Juli lalu. Namun dalam perjalanannya ditemukan kasus yang positif. Tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Merauke mengambil langkah cepat untuk kembali menutup sekolah.

“Itu langkah yang cerdas, langkah yang bijak dan taktis dalam memutus mata rantai penularan. Langkah itu kiranya juga menjadi pertimbangan bagi 29 pemerintah kabupaten/kota ketika memutu untuk memulai proses belajar mengajar [di sekolah],” katanya.

Loading...
;

Jumlah kasus suspek  (dulu disebut Pasien dalam Pengawasan atau PDP) bertambah 93 pasien, berasal dari Kota Jayapura (1 orang), Kabupaten Mimika (82 orang), dan Kabupaten Merauke (10 orang). Total kasus Suspek saat ini berjumlah 714 orang. Jumlah Pasien kontak erat (dulu disebut Orang dalam Pemantauan atau ODP) bertambah 26 orang, berasal dari Kota Jayapura (8 kasus), Kabupaten Puncak (14 orang), Kabupaten Boven Digoel (2 orang), dan Kabupaten Mimika (2 orang). Jumlah total pasien kontak erat saat ini berjumlah 3.198 orang

Sejumlah 3 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh pada Kamis. Mereka berasal dari Kabupaten Merauke  (1 orang), Kabupaten Mimika (1 orang), Kabupaten Keerom (1 orang).

Hingga Kamis, jumlah kasus sembuh di seluruh Papua mencapai 1.961 kasus atau 61 persen. Sejumlah 1.238 pasien Covid-19 lainnya masih menjalani perawatan di berbagai rumah sakit dan hotel di Papua.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top