TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Update 14 Juli: Pandemi Covid-19 meluas ke Tolikara dan Pegunungan Bintang

Infografis Covid Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 14 Juli 2020. – Jubi/Tim Satgas Covid-19 Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Papua pada Selasa (14/7/2020) mengkonfirmasi 61 kasus baru infeksi virus korona, termasuk lima kasus ditemukan di dua kabupaten yang sebelumnya bebas korona. Dari lima kasus baru itu, empat kasus diantaranya terjadi di Kabupaten Tolikara, dan satu kasus lainnya ditemukan di Pegunungan Bintang.

Dengan tambahan 61 kasus baru itu, total kasus positif korona di Papua pun bertambah menjadi 2.353 kasus. Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) di Jayapura pada Selasa menyatakan kini sudah ada 19 kabupaten/kota di Papua yang terdampak pandemi Covid-19.

Menurut Soemoele, 61 kasus baru infeksi virus korona tersebar di Kota Jayapura (47 kasus), Kabupaten Jayapura (4 kasus), Mimika (1 kasus), Keerom (1 kasus), Tolikara (4 kasus), Pegunungan Bintang (1 kasus), dan Supiori (3 kasus).Satgas Covid-19 Papua meminta Pemerintah Kabupaten Tolikara dan Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang bersama Asosiasi Bupati di Pegunungan Tengah untuk merapatkan barisan dan bekerjasama memutus rantai penularan virus korona.

Baca juga: Pandemi korona, hanya 18 calon mahasiswa asal Papua yang keluar Papua

“Pembatasan pergerakan penduduk harus segera dilakukan untuk mengantisipasi semakin meluasnya penyebaran virus ini di pegunungan tengah. Sesuai dengan surat edaran, kini kewenangan itu diberikan kepada bupati di kabupaten yang terdampak. Sangat mungkin Asosiasi Bupati di Pegunungan Tengah dan bupati [daerah] terdampak [lain] membangun komunikasi untuk itu,” katanya.

Pada Selasa, juga terjadi penambahan Orang dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 154 kasus. Mereka berasal dari Kabupaten Jayawijaya (3 kasus), Paniai (3 kasus), Boven Digoel (1 kasus), Pegunungan Bintang ( 140 kasus), Yalimo (3 kasus), dan Kota Jayapura (4 kasus). Total kasus ODP di  Papua mencapai 2.861 kasus.

Jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) juga bertambah delapan orang, berasal dari Kabupaten Paniai (1 kasus), Mimika (3 kasus) dan Keerom (2 kasus). Total kasus PDP di Papua mencapai 255 kasus.

Sejumlah 59 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh pada Selasa. Mereka adalah pasien Covid-19 dari Kabupaten Jayapura (1 kasus), Mimika (7 kasus), Supiori (1 kasus), dan Kota Jayapura (50 kasus). Total kasus kesembuhan di Papua mencapai 1.155 kasus.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending


Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us