TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Update 14 Juni: Sepekan terakhir, 159 pasien Covid-19 di Papua sembuh

Infografis Covid-19 Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 14 Juni 2020 – Gugus Tugas Covid-19 Papua.
Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dalam sepekan terakhir, Satuan Tugas Covid-19 Papua mencatat ada 159 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh. Angka kesembuhan dalam sepekan terakhir itu menjadi angka kesembuhan mingguan tertinggi yang tercatat di Papua. Hingga Minggu (14/6/2020), jumlah pasien Covid-19 yang telah sembuh mencapai 445 pasien, atau 36 persen dari total kasus Covid-19 di Papua.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) di Jayapura, Minggu. “Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh petugas kesehatan yang sudah bekerja keras sehingga hari ini ada tambahan pasien yang dinyatakan sembuh,” katanya.

Soemoele mengatakan data Kabupaten Mimika dan Merauke juga sudah menunjukkan progres yang sangat baik. Kabupaten Mimika mencatat kasus sembuh sebanyak 181 pasien dan masih merawat 148 pasien. Sedangkan Kabupaten merauke, dari 16 kasus positif virus korona, 15 dinyatakan sembuh dan tersisa satu pasien yang masih dirawat.

Dalam sepekan terakhir, tercatat penambahan kasus positif virus korona sebanyak 190 kasus. Konfirmasi kasus positif korona itu didapatkan dari pemeriksaan PCR sebanyak 2.675 sampel, dan mencatat satu kasus kematian.

Baca juga: Kapan Pandemi Covid-19 berlalu dari Papua? Ini jawaban akademisi Uncen

Soemoele mengatakan jika dirata-rata, setiap harinya Provinsi Papua melakukan tes PC sebanyak 382 sampel. Artinya semakin banyak sampel yang diperiksa, semakin cepat pasien dikonfirmasi sembuh.

“Ini jumlah pemeriksaan tertinggi selama ini. Kalau pemeriksaan PCR bisa mencapai 500 sehari, PCR cepat, rumah sakit tidak penuh,” ujar Soemoele.

Saat ini terdapat empat alat PCR yang beroperasi di Papua, Dua di Kota Jayapura (Laboratorium Litbangkes Papua dan Labkesda Papua), dan dua lagi di Kabupaten Mimika (di Klinik Kuala kencana dan di RS Tembagapura. “Pekan ini pemeriksaan TCM (tes cepat molekuler) di Kabupaten Kepulauan Yapen, Merauke dan Nabire sudah berjalan baik. Sedangkan untuk RSUD Jayawijaya, pekan depan sudah berfungsi. Besok tim kami berangkat le Wamena membantu mengoperasikannya,” katanya.

Pada Minggu, Tim Satuan Tugas Covid-19 Papua mengonfirmasi 13 kasus baru sehingga total kasus bertembah menjadi 1.255 kasus. Tambahan 13 kasus berasal dari Kabupaten Jayapura (7 kasus), Mimika (4 kasus), Keerom (1 kasus) dan Kota Jayapura (1 kasus).

Pada Minggu, 28 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh. Mereka berasal dari Kabupaten Mimika (24 orang), Jayawijaya (1 orang), Kabupaten Jayapura (1 orang), dan Kota Jayapura (2 orang).(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us