TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Update 17 Juni : Satu lagi pasien Covid-19 meninggal, total kasus 1.303

papua-Covid-19
Ilustrasi, pandemi Covid-19 di Tanah Papua - Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

 Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Papua melaporkan seorang pasien Covid-19 meninggal dunia pada Rabu (17/6/2020). Selain itu, Satuan Tugas Covid-19 Papua juga mengonfirmasi 14 kasus baru positif korona. Hingga Rabu, jumlah jumlah pasien Covid-19 di Papua yang meninggal telah mencapai 16 pasien, dan jumlah kasus positif mencapai 1.303 kasus.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) menyatakan seorang pasien Covid-19 yang dirawat di Kota Jayapura meninggal pada Rabu. Pasien itu adalah laki-laki berusia 57 tahun yang sempat dirawat sekitar sepekan, sebelum meninggal pada Rabu dini hari.

Soemoele menyatakan pasien yang meninggal itu sebenarnya tidak memiliki penyakit penyerta, namun mengalami infeksi virus korona yang parah. “Virus yang menginfeksi sangat ganas. Walaupun telah begitu banyak upaya yang kita kerjakan, Tuhan berkehendak lain,” kata Soemoele dalam keterangan pers pada Rabu.

Baca juga: 18.352 warga Kota Jayapura sudah tes cepat Covid-19

Menurut Soemoele, pasien itu masuk rumah sakit dengan kondisi fungsi organ vitalnya sangat baik. Pasien itu datang dengan keluhan demam. Dalam masa perawatan, pasien itu mengalami gangguan pernafasan. Setelah ditangani tim dokter, gangguan pernafasan itu sempat teratasi selama tiga hari.

Akan tetapi, belakangan pasien itu mengalami gangguan fungsi ginjal. “Betul ada permasalahan di paru-parunya, tetapi diperburuk lagi dengan fungsi ginjal yang menurun.  Kombinasi itu menyebabkan segala macam upaya yang sudah kita lakukan selama satu minggu menjadi sia-sia,” jelas Soemoele.

Soemoele menyatakan ada 14 kasus baru positif korona yang terkonfirmasi pada Rabu. Sejumlah 14 kasus baru itu berasal dari Kabupaten Mimika (11 kasus) dan Kota Jayapura (3 kasus).

Baca juga: Sopir angkot di Kota Jayapura ikut tes cepat massal Covid-19 di Terminal Mesran

Selain itu, ada tambahan Pasien dalam Pengawasan (PDP) sebanyak sembilan orang, yang berasal dari Kabupaten Yahukimo (1 orang) dan Kota Jayapura (8 orang).  Ada pula tambahan Orang dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 32 orang. Mereka tersebar di Kabupaten Merauke (3 orang), Kabupaten Jayawijaya (4 orang), Kabupaten Mimika (1 orang), Kabupaten Boven Digoel (1 orang), Yahukimo (3 orang), Puncak (17 orang) dan Kota Jayapura (3 orang).

“Kami berharap di Kabupaten Puncak, yang kasus PDP dan ODP bertambah, segera melakukan pelacakan riwayat kontak dan pengambilan swab. Kami bantu, kami melakukan pendampingan untuk melakukan swab dan hasilnya bisa dikirim ke Jayapura,” katanya.

Soemoele juga membagikan kabar baik, bahwa 21 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh pada Rabu. “Tambahan 21 orang yang dinyatakan sembuh berasal dari Kabupaten Mimika sebanyak 12 orang, dan kota Jayapura sebanyak sembilan orang,” katanya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us