HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Update 2 Juni: Ada 11 kasus baru, ada 9 pasien sembuh

Infografis_Covid_Papua_20200602
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 6 Juni 2020 – Satgas Covid-19 Papua.
Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Papua pada Selasa (2/6/2020) mengorfirmasi 11 kasus baru positif virus korona. Selain itu, sembilan pasien Covid-19 dinyatakan sembuh. Akan tetapi, seorang Pasien dalam Pengawasan meninggal pada Selasa.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) menyatakan 11 kasus baru positif korona itu yang terkonfirmasi pada Selasa terdiri dari tiga kasus di Kota Jayapura, tujuh kasus di Kabupaten Mimika, dan satu kasus di Kabupaten Jayapu. Dengan tambahan 11 kasus itu, jumlah akumulasi kasus positif korona di Papua mencapai 826 kasus.

Kabar gembira juga muncul di tengah beratnya penanganan pandemi di Papua, setelah sembilan pasien Covid-19 dinyatakan sembuh pada Selasa. Dari jumlah itu, tujuh pasien sembuh itu merupakan pasien yang dirawat di Timika, Kabupaten Mimika. Sejumlah dua pasien sembuh lainnya adalah pasien yang menjalani perawatan di Kabupaten Keerom.

Update 2 Juni: Ada 11 kasus baru, ada 9 pasien sembuh 1 i Papua

“Dengan tambahan tujuh orang di Timika, secara kumulatif di Kabupaten Mimika terdapat 100 orang yang sudah dinyatakan sembuh,” kata Soemoele melalui video conference, Selasa. Ia menambahkan di Keerom sudah ada 13 pasien sembuh, dari total 16 pasien yang dirawat di sana.

Soemoele mengapresiasi petugas kesehatan di RSUD Mimika, RS Mitra Masyarakat dan RS Tembagapura, termasuk juga petugas petugas laboratorium, petugas petugas surveilans yang sudah bekerja luar biasa. Kerja keras mereka terlihat dari pencapaian 100 pasien (34%) yang sudah dinyatakan sembuh dari total sebanyak 272 kasus positif.

Baca juga: New Normal harus disertai jaminan layanan kesehatan

Soemoele menyatakan angka kesembuhan, Kabupaten Mimika adalah yang tertinggi di Papua. Sedangkan tingkat atau persentase kesembuhan tertinggi dicapai di Kabupaten Merauke, yang memiliki tingkat kesembuhan 85 persen (12 kasus sembuh dari 14 kasus).

Loading...
;

Tingkat kesembuhan yang tinggi juga dicapai dalam proses penanganan pasien Covid-19 di Kabupaten Jayapura, yang mencapai 54 persen (40 sembuh dari 73 kasus positif). Kabupaten Biak Numfor juga telah mencatatkan tingkat kesembuhan yang tinggi, mencapai persentase 50 persen (20 sembuh dari 40 kasus).

Pada Selasa, seorang Pasien dalam Pengawasan (PDP) meninggal dunia. PDP itu meninggal saat menjalani perawatan di Rumah Sakit TNI AL dr Soedibjo Sardadi.

Soemoele juga mengumumkan adanya tambahan PDP baru sebanyak tujuh orang, yang berasal dari Kota Jayapura (orang pasien) dan Nabire (2 pasien). Jumlah Orang dalam Pemantauan juga bertambah 183 orang. Mereka tersebar di Kabupaten Mimika (77 orang), Nabire (55 orang), Mamberamo Raya (9 orang), Supiori (3 orang), Yahukimo (2 orang), Intan Jaya (1 orang), Merauke (1 orang), dan Kota Kota Jayapura (35 orang).

Soemoele mengingatkan Pemerintah Kabupaten Supiori untuk terus memantau keberadaan 100 ODP di sana. “[Perlu] perhatian dari pemerintah daerah dari Dinas Kesehatan untuk dilakukan pemantauan yang ketat,” katanya.

Soemoele menyatakan isolasi mandiri atau isolasi terpusat dengan menggunakan fasilitas yang disiapkan pemerintah harus segera dilakukan secepatnya. Ia juga berharap semua ODP itu menjalani tes cepat. Setiap hasil tes cepat reaktif harus segera diikuti dengan pengambilan swab untuk dikirimkan ke Jayapura.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top