Follow our news chanel

Previous
Next

Update 21 Juli: Ada 32 kasus baru, 17 kasus ditemukan di Kota Jayapura

infografis Covid Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 21 Juli 2020. – Jubi/Leon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Papua pada Selasa (21/7/2020) mengkonfirmasi 32 kasus baru positif virus korona, sehingga total kasus kumulatif bertambah menjadi 2.606 kasus. Pemerintah Provinsi Papua meminta setiap pemerintah kabupaten/kota memperketat pengawasan terhadap kedatangan orang dari luar Papua atau dari kabupaten lain di Papua.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) menyatakan 32 kasus baru positif korona yang terkonfirmasi pada Selasa berasal Kota Jayapura (17 kasus), Kabupaten Jayawijaya (6 kasus), Mimika (4 kasus), Merauke (1 kasus), Keerom (3 kasus), dan Kabupaten Nabire (1 kasus). Soemoele meminta setiap pemerintah kabupaten/kota agar memastikan kesehatan setiap orang yang memasuki wilayah mereka.

Soemoele menyatakan pengawasan itu harus dilakukan terhadap orang yang berasal dari luar provinsi, maupun pergerakan orang antar kabupaten. “Ketika warga memasuki bandara maupun pelabuhan, tim kabupaten/kota melakukan pemeriksaan tidak hanya dengan menggunakan rapid test, namun juga melakukan anamnesis [atau mewawancarai orang yang baru datang],” kata Soemoele di Jayapura, Selasa.

Ia berharap Tim Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota mampu sedini mungkin menemukan kasus positif korona, sehingga dapat menangani lebih lanjut. Penanganan lebih lanjut itu termasuk dengan menjalankan karantina terhadap orang yang datang. Ia meminta semua bidang di dalam gugus tugas, terutama bidang pencegahan dan bidang penanganan, harus bersatu padu untuk menemukan kasus sedini mungkin.

Baca juga: Pasien Covid-19 PNG meninggal dunia

Soemoele juga menyoroti percepatan penambahan kasus baru di Kabupaten Jayawijaya yang terletak di kawasan pegunungan tengah Papua. Dalam tiga hari terakhir, ada 10 kasus baru positif korona yang terkonfirmasi di Kabupaten Jayawijaya.

“Hari ini Jayawijaya masuk 6 besar [kasus positif korona terbanyak]. [Kami] meminta tim gugus tugas atau satgas di kabupaten kota harus memastikan setiap orang yang memasuki kabupaten itu, untuk dicek dengan baik dengan menggunakan rapid test ataupun juga dari anamnesis,” jelasnya.

Loading...
;

Pada Selasa, juga terdapat penambahan tiga Pasien dalam Pengawasan (PDP) dari Kota Jayapura, sehingga total kasus PDP menjadi 251 kasus. Jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) bertambah 440 orang, berasal dari Kabupaten Merauke (87 orang), Kepulauan Yapen (260 orang), Mimika (67 orang), Puncak (24 orang), dan Kota Jayapura (2 orang).

Soemoele juga menyebut ada 13 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh pada Selasa. “Puji Tuhan hari ini terdapat 13 orang yang dinyatakan sembuh, yang berasal dari Kabupaten Biak Numfor 1 orang, Mimika 7 orang,Tolikara 4 orang, dan Kota Jayapura sebanyak 1 orang,” katanya.

Total pasien sembuh di seluruh provinsi Papua menjadi 1.253 orang atau 48 persen. Sampai hari ini Provinsi Papua sudah melakukan pemeriksaan PCR maupun TCM sebanyak 22.532 spesimen swab.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top