Update 23 Juni: Perkembangan pandemi Covid-19 di Yapen terus dipantau

Infografis Covid Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 23 Juni 2020. – Jubi/Tim Satgas Covid-19 Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Papua terus memantau perkembangan pandemi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Yapen, menyusul terkonfirmasinya satu kasus baru positif korona pada Selasa (23/6/2020). Kasus terbaru itu kembali ditemukan di antara para penumpang KM Dobonsolo yang berlayar dari Kota Jayapura pada pekan lalu.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) mengatakan ia telah berkomunikasi dengan tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen. Soemoele menerima informasi kasus baru positif korona yang terkonfirmasi Selasa dialami penumpang KM Dabonsolo. Kapal itu tiba di Serui, ibu kota Kepulauan Yapen, pada Rabu (17/6/2020) pekan lalu.

“Kami berharap penuh kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen untuk tegas disiplin melakukan karantina. [Pemerintah setempat juga harus] memantau saudara-saudara kita yang sedang dikarantina,” kata Soemoele di Kota Jayapura, Selasa (23/6/2020).

Hingga Selasa, telah ditemukan lima kasus positif korona di Kepulauan Yapen. Dari jumlah itu, seorang pasien Covid-19 telah dinyatakan sembuh, dan empat pasien lainnya masih menjalani perawatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Karolus Tanawani membenarkan empat kasus positif terbaru di Yapen semuanya ditemukan di antara 454 penumpang KM Dabonsolo yang tiba pada Rabu pekan lalu. Tanawani menjelaskan seluruh penumpang yang turun di Serui langsung menjalani tes cepat atau rapid test Covid-19.

“Setelah tiba, [seluruh penumpang] kami evakuasi ke Stadion Marora. Di sana, kami lakukan rapid test, ternyata 78 orang reaktif. [Mereka] kami karantina di rumah yang disediakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen. Sedangkan 376 orang lainnya [menjalani] karantina mandiri di rumah masing-masing, dipantau petugas kesehatan di wilayahnya,” kata Tanawani.

Baca juga: Angka kematian akibat Covid-19 nihil di Nabire

Loading...
;

Dari 78 orang dengan hasil tes cepat reaktif itu, sejumlah 65 telah menjalani pemeriksaan swab dengan alat menggunakan alat tes cepat molekuler (TCM) yang telah dimodifikasi dengan cartridge khusus untuk menjalankan pemeriksan reaksi rantai polimerase (PCR). “[Sejumlah] empat dinyatakan positif Covid-19. [Mereka dirawat di rumah isolasi yang disediakan Pemkab Yapen],” katanya.

Tanawani menyatakan 13 spesimen swab lainnya masih mengantre untuk diperiksa. “Kami masih membutuhkan cartridge [khusus] lagi, karena sebentar lagi [akan] ada 646 warga Yapen yang mau pulang ke Serui,” katanya.

13 kasus baru

Tim Satuan Tugas Covid-19 Papua menyatakan total ada 13 kasus baru positif korona yang terkonfirmasi pada Selasa. Kasus baru itu berasal dari Kota Jayapura (7 kasus), Kabupaten Jayapura (3 kasus), Mimika (1 kasus), Sarmi (1 kasus), dan Kabupaten Kepulauan Yapen (1 Kasus). Dengan tambahan itu, jumlah kasus positif korona di Papua telah mencapai 1.511 kasus.

Soemoele meminta para petugas kesehatan, khususnya petugas di Puskesmas, untuk terus memantau perkembangan pandemi Covid-19 di wilayah kerja mereka. “Kalau ada perubahan gejala gejala klinis dari saudara-saudara kita, segera dapat dibawa ke rumah sakit, atau untuk segera dilakukan swab,” kata Soemoele.

Jumlah Pasien dalam pengawasan (PDP) pada Selasa bertambah 14 pasien, yang berasal dari Kabupaten Mimika (3 kasus) dan Kota Jayapura (11 kasus). Selain itu, juga ada penambahan 10 Orang dalam Pemantauan (ODP), yang berasal dari Kabupaten Jayapura (2 kasus), Biak Numfor (1 kasus), Puncak Jaya (5 kasus), dan Kota Jayapura (2 kasus).

Soemoele juga berbagi kabar baik tentang delapan pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh pada Selasa. “Hari ini ada kabar baik, karena terdapat delapan pasien sembuh yang berasal dari Kabupaten Jayapura sebanyak tiga orang, Mimika sebanyak tiga orang, Nabire sebanyak satu orang dan Kota Jayapura sebanyak satu orang,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top