Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Update 25 Juli: Ada 57 kasus baru, total kasus bertambah menjadi 2.817

Infografis Covid Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 25 Juli 2020. – Jubi/Tim Satgas Covid-19 Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Papua pada Sabtu (25/7/2020) mengkonfirmasi 57 kasus baru positif virus korona di Provinsi Papua, sehingga total kasus bertambah menjadi 2.817 kasus. Dalam sepekan terakhir, terjadi penambahan kasus baru positif korona sebanyak 288 kasus, dan ada empat pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Sejumlah 57 kasus baru positif korona yang terkonfirmasi pada Sabtu berasal dari Kota Jayapura (43 kasus), Kabupaten Jayapura (5 kasus), Mimika (4 kasus), Kepulauan Yapen (2 kasus), dan Jayawijaya (3 kasus). Perkembangan itu menunjukkan penularan virus korona terus terjadi di Kota Jayapura.

Pada pekan ini, telah terkonfirmasi 192 kasus baru positif korona di Kota Jayapura. Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Papua, hingga Sabtu telah terdapat 1.731 total kasus positif korona di Kota Jayapura, setara dengan 61,4 persen dari total kasus positif korona di Papua.

Update 25 Juli: Ada 57 kasus baru, total kasus bertambah menjadi 2.817 1 i Papua

Dari 1.731 kasus itu, sejumlah 1.180 kasus aktif dengan pasien yang masih dirawat di berbagai rumah sakit dan hotel di Kota Jayapura. Sejumlah 528 pasien lain dinyatakan sembuh, namun 23 pasien lainnya telah meninggal.

Gugus Tugas Covid-19 Pusat di Jakarta telah memetakan Kota Jayapura sebagai “daerah merah” dengan risiko penularan virus korona tinggi. Akan tetapi, belum ada kebijakan untuk memperketat kembali pembatasan sosial yang telah dilonggarkan Pemerintah Kota Jayapura.

Pada pekan ini, juga ditemukan 21 kasus baru di Kabupaten Jayapura, yang wilayah berbatasan dengan Kota Jayapura. Dari empat kasus kematian pada pekan ini, tiga terjadi di Kota Jayapura dan satu lainnya terjadi di Kabupaten Jayapura.

Secara akumulatif, telah ditemukan 261 kasus positif korona di Kabupaten Jayapura, dan 120 pasien di sana masih dirawat. Total 138 pasien di Kabupaten Jayapura telah dinyatakan sembuh, namun ada tiga pasien meninggal dunia.

Loading...
;

Baca juga: Bupati Jayapura: belum ada juknis untuk hentikan tes cepat Covid-19

Pada pekan ini juga terjadi penambahan kasus baru dalam jumlah yang signifikan di Kabupaten Mimika, mencapai 33 kasus. Secara akumulatif, telah ditemukan 497 kasus positif korona di Kabupaten Mimika, dengan 69 pasien yang masih dirawat di sana. Sejumlah 422 pasien di Mimika telah sembuh, namun enam pasien lainnya meninggal dunia.

Satgas Covid-19 Papua terus memantau penyebaran pandemi Covid-19 yang meluas di kawasan pegunungan tengah. Pada pekan ini ditemukan 26 kasus baru di Kabupaten Jayawijaya, sehingga total kasus di sana bertambah menjadi 57 kasus. Di Kabupaten Yalimo, dalam pekan ini telah ditemukan dua kasus positif korona, sehingga total kasus di Yalimo bertambah menjadi empat kasus.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) menyatakan kebijakan Bupati Jayawijaya menutup penerbangan masuk ke Kota Wamena mulai Senin 27 Juli nanti telah dipertimbangkan dan dikaji secara mendalam. “Itu perlu! Memang agak susah itu adalah jalur-jalur tradisional. Tetapi percayalah pasti [semua] bupati bupati pegunungan tengah dan asosiasi mereka [bupati] pasti sudah mengambil langkah-langkah cepat,” katanya.

Soemoele menegaskan perkembangan kasus yang terus meningkat ini akan dievaluasi evaluasi menyeluruh pada 31 Juli nanti, khususnya mengenai kebijakan relaksasi ini. Saat ini pihaknya sudah sudah mulai menyiapkan semua data-data yang akan diserahkan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur. “Pimpinan kita akan mengelaborasi semua data, untuk bisa segera diambil keputusan selanjutnya,” katanya.

Pada Sabtu, jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) bertambah dua pasien, berasal dari Kota Jayapura dan Kabupaten Mimika. Jumlah Orang dalam Pemantauan juga bertambah 21 orang, berasal dari Kabupaten Mimika (16 orang), Jayawijaya (1 orang), dan Merauke (1 orang). Dengan penambahan itu, jumlah ODP telah mencapai 2.913 orang.

Sejumlah delapan pasien Covid-19 dinyatakan sembuh pada Sabtu. Mereka berasal dari Kabupaten Jayapura (6 orang) dan Kota Jayapura (2 orang). Hingga Sabtu, jumlah kasus sembuh di seluruh Papua mencapai 1.314 kasus. Sejumlah 1.466 pasien Covid-19 lainnya masih menjalani perawatan di berbagai rumah sakit dan hotel di Papua.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top