Follow our news chanel

Previous
Next

Update 25 Juni: Lagi, 51 kasus baru korona di Papua 

Papua pandemi Covid
Ilustrasi, pandemi Covid-19 di Papua – Jubi/Leon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Papua mengkonfirmasi 51 kasus baru positif korona, sehingga total kasus kumulatif positif virus korona mencapai 1.602 kasus. Hal itu disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) di Kota Jayapura, Kamis (25/6/2020).

Kasus baru yang terkonfirmasi pada Kamis itu berasal dari Kota Jayapura (45 kasus), Kabupaten Jayapura (4 kasus) dan Mimika (2 kasus). Soemoele mengatakan pihaknya sudah melakukan kolaborasi untuk menangani 826 kasus positif korona di Kota Jayapura “Pemerintah Provinsi Papua sudah memberikan dukungan penuh terhadap Kota Jayapura,” katanya.

Soemoele menyatakan pihaknya akan memastikan semua hasil tes cepat atau rapid test Covid-19 warga Kota Jayapura yang reaktif untuk uji lebih lanjut dengan metode PCR di Laboratorium Kesehatan Daerah maupun Laboratorium Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Papua. Pemerintah pemerintah juga memberikan insentif bagi tenaga medis delapan rumah sakit di Kota Jayapura, dan menyiapkan Balai Diklat BPSDM Kotaraja untuk menampung terduga Covid-19.

“Kita berkolaborasi dengan baik, maka kita bisa menemukan kasus ini cukup banyak. Puji Tuhan semua hasil yang didapatkan, ada 285 kasus yang dinyatakan sembuh di Kota Jayapura hingga Kamis,” katanya.

Baca juga: Ini perbedaan rapid test dan swab test

Pada Kamis, jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) di Papua bertambah 9 orang, berasal dari Kabupaten Mimika (1 pasien), dan Kota Jayapura (8 pasien). Jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) juga bertambah sebanyak 127 kasus, berasal Kabupaten Jayawijaya (4 orang), Mimika (39 orang), Boven Digoel (4 orang), Yahukimo (1 orang), Tolikara (76 orang), dan Kota Jayapura (3 orang).

Jumlah pasien sembuh sebanyak 26 orang, berasal dari Kota Jayapura (12 pasien), Kabupaten Mimika (9 pasien), Keerom (3 pasien) dan Kabupaten Jayapura (2 pasien). Jumlah total pasien sembuh di Provinsi Papua mencapai 773 orang, atau 48 persen dari total kasus Covid-19.

Loading...
;

Pemerintah Provinsi Papua memberikan perhatian khusus kepada kabupaten dengan jumlah ODP banyak, seperti Kabupaten Mimika (1.648 kasus), Kota Jayapura (857 kasus), Kabupaten Tolikara (281 kasus), Nabire (97 kasus), dan Puncak (91 kasus). ODP juga banyak ditemukan di Boven Digoel (52 kasus), Merauke (48 kasus), Kabupaten Jayapura (35 kasus), Jayawijaya (34 kasus), Mamberamo Raya (23 kasus), Supiori (21 kasus), Yahukimo (18 kasus), Pegunungan Bintang (18 kasus).

“Angka-angka itu menunjukkan masih ada potensi penularan yang akan terjadi di [beberapa] kabupaten itu. Segera lakukan langkah taktis [dan] sistematis,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top