Follow our news chanel

Previous
Next

Update 28 Juni : Ada 37 kasus baru, jumlah kasus Covid-19 di Papua capai 1.682 kasus

Infografis Covid Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 28 Juni 2020. – Jubi/Tim Satgas Covid-19 Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Papua pada Minggu (28/6/2020) mengonfirmasi 37 kasus baru positif virus korona, sehingga total kasus positif korona bertambah menjadi 1.682 kasus. Satuan Tugas Covid-19 Papua juga mengumumkan bahwa seorang pasien Covid-19 meninggal pada Jumat pekan lalu.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) mengatakan kasus baru yang terkonfirmasi Minggu paling banyak berasal dari Kota Jayapura, mencapai 21 kasus. Kasus baru lainnya berasal dari Kabupaten Mimika (15 kasus) dan Kabupaten Jayapura (1 kasus).

Soemoele juga menyampaikan berita duka, setelah seorang pasien Covid-19 meninggal pada Minggu. Pasien laki-laki berusia 25 tahun itu sejak lama mempunyai penyakit penyakit gagal ginjal, dan dirawat sejak 20 Juni 2020. Sepanjang perawatan itu, pasien tersebut beberapa kali menjalani cuci darah.

Saat itu, pasien itu belum terkonfirmasi positif terinfeksi virus korona, karena swabnya masih menunggu untuk diuji dengan metode PCR.  “Tanggal 24 [Juni], keluarga meminta untuk membawa pulang [pasien itu]. Kemudian kami mendapat laporan bahwa tanggal 26 Tuhan telah memanggilnya,” kata Soemoele di Jayapura, Minggu.

Baca juga: Ancaman pandemi Covid-19 meluas di Pegunungan Tengah Papua

Menurut Soemoele, kasus meninggal itu diumumkan pada Minggu, setelah hasil tes PCR pasien itu memastikan pasien itu terinfeksi korona. Dengan tambahan pasien meninggal itu, total pasien Covid-19 di Papua yang meninggal mencapai 17 orang. Jumlah itu setara dengan 1 persen dari total kasus yang mencapai 1.682 kasus.

Sampai Minggu jumlah pemeriksaan PCR yang dilakukan di Papua 13.582 sampel swab.  Sedangkan jumlah tes cepat atau rapid test Covid-19 mencapai 26.712 pemeriksaan, dimana 1.994 diantaranya dinyatakan reaktif dan dilanjutkan dengan pengambilan swab.

Loading...
;
Update 28 Juni : Ada 37 kasus baru, jumlah kasus Covid-19 di Papua capai 1.682 kasus 1 i Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 248 Juni 2020 – Jubi/Leon

Soemoele meminta kabupaten di kawasan pegunungan tengah Papua tetap mewaspadai penyebaran virus korona. “Terus waspada, lakukan 3T, trace, test, dan treat untuk menahan laju penyebaran dari Covid-19. Komunikasikan temuan di lapangan dengan tim Satgas Covid-19 Papua, [kita] dapat menyelesaikan persoalan ini,” katanya.

Jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) bertambah tiga pasien, semuanya berasal dari Kota Jayapura. Sedangkan jumlah Orang dalam Pemantauan bertambah 53 kasus, berasal dari Kota Jayapura (2 kasus), Kabupaten Mimika (32 kasus), Kepulauan Yapen (13 kasus) dan Lanny Jaya (6 kasus).

“Hari ini terdapat 12 orang yang dinyatakan sembuh, berasal dari Kabupaten Mimika 3 orang, Kota Jayapura 3 orang dan Kabupaten Jayapura 6 orang,” kata Soemoele. Menurutnya, hingga Minggu telah ada 841 pasien (50%) yang dinyatakan sembuh. Sejumlah 841 pasien positif (49%) lainnya masih menjalani perawatan. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top