Follow our news chanel

Update 31 Mei: Ada 63 kasus baru, total kasus positif korona di Papua capai 815

Infografis_Covid_Papua_31 Mei
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 31 Mei 2020 – Satgas Covid-19 Papua.
Infografis_Covid_Papua_31 Mei
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 31 Mei 2020 – Satgas Covid-19 Papua.
Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pada Minggu (31/5/2020) terdapat tambahan 63 kasus baru positif korona di Papua, membuat total kasus positif korona menjadi 815 kasus. Satuan Tugas Covid-19 Papua pada Minggu juga mengumumkan satu pasien Covid-19 yang dirawat di RS Tembagapura, Kabupaten Mimika, telah meninggal pada Jumat (29/5/2020) lalu.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele, SpOG (K) menyatakan 63 kasus baru itu berasal dari Kabupaten Mimika (46 kasus), Biak Numfor (7 kasus), Kabupaten Jayapura (3 kasus), Jayawijaya (1 kasus) dan Kota Jayapura (6 kasus). Soemoele menjelaskan pihaknya memberikan perhatian khusus untuk Kabupaten Jayawijaya, karena menemukan dua kasus baru positif korona dalam sepekan ini.

“Kami meminta perhatian khusus dari gugus tugas Kabupaten Jayawijaya untuk segera melakukan tracing semua pihak yang berkontak [dengan pasien yang dinyatakan positif], dan melakukan rapid test. Jika reaktif, segera lanjutkan dengan swab,” kata Soemoele dalam keterangan pers secara daring di Jayapura, Minggu (31/5/2020).

Baca juga: Sejumlah Rumah Sakit tolak pasien non Covid-19

Soemoele tidak dapat memastikan bagaimana kasus positif bisa ditemukan lagi di Jayawijaya, setelah hampir sebulan tidak ditemukan kasus baru di sana. “Kalau wilayah Saireri, kami bisa pastikan itu karena transportasi tradisional. Akan tetapi, untuk Jayawijaya, sedang dicari tahu,” katanya.

Ada tiga pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh pada Minggu. Mereka dari Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, dan Kota Jayapura. Terdapat pula penambahan Pasien dalam Pemantauan (PDP) sebanyak empat orang. Mereka berasal dari Kabupaten Mimika (2 orang) dan Kota Jayapura (2 orang). Sementara jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) bertambah sebanyak  77 orang.

Baca juga: Hamadi menjadi daerah terbanyak kasus positif Covid-19 di Kota Jayapura

Loading...
;

Pada Minggu, Soemoele juga mengonfirmasi satu pasien Covid-19 meninggal dunia. Pasien itu adalah seorang laki-laki berusia di atas 45 tahun, dan meninggal pada Jumat, saat dirawat dirawat di RS Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Soemoele menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga pasien yang meninggal itu. “Hasil pemeriksaan PCR [pasien yang meninggal itu] baru kami terima hari ini, sehingga baru terkonfirmasi [sebagai pasien Covid-19]. Pasien itu memiliki komorbid [atau penyakit bawaan], yakni kencing manis,” jelasnya.

Dari 815 kasus positif korona di Papua, sejumlah 584 pasien positif sedang menjalani perawatan di rumah sakit, dan seejumlah 219 pasien lain telah dinyatakan sembuh 219 orang. Jumlah total PDP mencapai 772 pasien, sementara jumlah ODP 2.916 orang. Hingga Minggu, total pemeriksaan Covid-19 yang sudah dilakukan di Papua mencapai 5.040 sampel. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top