HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Update 8 Juli: Kasus Covid-19 di Kota Jayapura terus bertambah

Infografis Covid Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 8 Juli 2020. – Jubi/Tim Satgas Covid-19 Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Papua mengkonfirmasi 15 kasus baru positif virus korona pada Rabu (8/7/2020). Dari 15 kasus baru itu, 10 diantaranya ditemukan di Kota Jayapura. Hingga Rabu, jumlah kasus positif korona di Papua telah mencapai 2.027 kasus.

Sejumlah 15 kasus baru yang terkonfirmasi pada Rabu itu berasal dari Kota Jayapura (10 kasus), Kabupaten Mimika (3 kasus), Biak (1 kasus), dan Merauke (1 kasus). Kasus baru itu melanjutkan kecenderungan Kota Jayapura menjadi episentrum penularan virus korona di Papua. Gugus Tugas Covid-19 Pusat memetakan Kota Jayapura sebagai “daerah merah” dengan risiko penularan virus korona tinggi.

Jumlah kasus positif korona di Kota Jayapura telah mencapai 1.158 kasus, dan sebanyak 766 pasien masih menjalani perawatan. Jumlah kasus aktif itu telah melampaui kapasitas fasilitas kesehatan di Jayapura, dan meningkatkan risiko para tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) menyatakan keprihatinan yang mendalam terhadap 84 tenaga kesehatan di RSUD Jayapura yang terinfeksi virus korona dalam beberapa pekan ini.

Baca juga: 84 tenaga medis terpapar korona, RSUD Jayapura perketat layanan

“Buat teman-teman tenaga kesehatan yang kini dirawat di RSUD Jayapura, di Hotel Sahid, di rumah sakit mitra yang ada di kota Jayapura. Tetap semangat, tetap mengikuti anjuran anjuran dari dokter penanggung jawab pasien. Tetap minum obat. Percayalah, teman-teman sekalian tidak sendiri. Kami selalu bersama teman-teman, tetapi yang lebih penting, percayalah Tuhan bersama-sama dengan teman-teman,” katanya Rabu (8/7/2020).

Mengenai pernyataan Direktur RSUD Jayapura bahwa kekurangan alat pelindung diri (APD) sebagai penyebab tingginya tenaga kesehatan yang tertular virus korona, Soemoele mengatakan Satgas Covid-19 Provinsi mendukung 100 persen RSUD Jayapura. “Satgas memberi dukungan penuh kepada teman-teman dalam hal penyiapan semua kebutuhan mereka di rumah sakit. Apalagi hari ini ada 84 pasien dari tenaga kesehatan, dimana ada 15 yang sudah dinyatakan sembuh,” katanya.

Loading...
;

Ia mengakui ada aturan dan pemerintah memantau sangat ketat semua proses pengadaan barang dan jasa saat ini, namun pengadaan APD dapat dilakukan sesuai aturan. “Sepanjang [kerja] teman-teman baik, pejabat pengadaan barang dan jasa bekerja sesuai dengan aturan, tidak melakukan markup, tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan, mengapa takut?” katanya.

Baca juga: Pasien sembuh dari infeksi korona bertambah 2 di Nabire

Ia menegaskan aturan yang dibuat pemerintah pusat sudah jelas. Selama tidak ada moral hazard atau keinginan untuk mendapat keuntungan dari proses pengadaan barang dan jasa, maka tak ada salah melakukan pengadaan APD.

Hari Rabu, ada 57 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Mereka berasal dari Kota Jayapura (41 kasus), Kabupaten Mimika (1 kasus), Kabupaten Biak Numfor (11 kasus), dan Kabupaten Jayapura (4 kasus).

Total kasus sembuh sampai hari ini mencapai 1.043 kasus, setara 51 persen dari total kasus positif korona di Papua. “Angka kesembuhan kita hari ini menjadi 51 persen atau 1.043 pasien yang dinyatakan sembuh, melewati angka pasien yang dirawat sebanyak 962 orang,” kata Soemoele.

Sampai hari ini provinsi Papua sudah melakukan pemeriksaan dan TCM sebanyak 16.829 sampel. Jumlah Pasien dalam Pengawasan pada Rabu bertambah satu kasus, berasal dari Kabupaten Paniai. Jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) bertambah 40 orang, berasal dari Kabupaten Merauke (4 kasus), Jayawijaya (1 kasus), Paniai (2 kasus), Puncak (20 kasus), dan Kabupaten Jayapura (13 kasus).(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top