HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Update Covid-19: Pembatasan sosial gagal, Papua tambah 14 kasus baru

Ilustrasi Corona di Papua - Jubi/Dok.
Ilustrasi Corona di Papua – Jubi/Dok.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Jumlah kasus terkonfirmasi (positif) kumulatif Covid-19 bertambah 14 kasus, menjadi 45 kasus positif.

Rincian penambahannya yakni, dari Kota Jayapura 6 kasus, Kabupaten Mimika 4 kasus dan Kabupaten Jayapura 4 kasus positif.

Sedangkan, jumlah pasien positif dalam perawatan 35 orang, 5 pasien sembuh dan 5 pasien meninggal dunia. Satu kasus pasien meninggal hari ini berasal dari Kabupaten Mimika.

 Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG mengatakan ini berarti imbauan pemerintah soal social distancing (pembatasan sosial) gagal dilakukan oleh masyarakat.

“Saya minta wartawan mendorong agar tinggal di rumah. Kita punya surveillance sudah jalan bagus, tapi bagaimana dengan masyarakat. Jadi siapa yang melakukan kontak dengan Pasien Dalam Pengawasan [PDP] agar tidak malu-malu melaporkan diri pada petugas kesehatan agar kita mampu menolong,” katanya, Rabu (8/4/2020).

Sumule menjelaskan, setiap orang yang pernah kontak dengan pasien PDP, pihaknya akan melakukan Rapid Diagnostic Test (RDT). Jika positif maka, akan dipastikan dengan menggunakan PCR.

Loading...
;

“Tugas kami petugas kesehatan itu jelas, jika anda sakit ringan, kami usahakan anda tidak sakit sedang. Jika jatuh sakit sedang, kami upayakan anda tidak jatuh di sakit berat. Tetapi anda di posisi berat, kam akan mengupayakan anda tidak meninggal,” katanya.

Sumule berharap, masyarakat bisa terbuka dan jujur kepada petugas kesehatan saat diperiksa.

“Tetapi jika anda tidak kasih tahu, anda adalah carrier yang dapat menularkan kepada orang lain. Dan jika anda datang saat sakit sedang atau berat, itu sangat susah bantu kami,” katanya.

Sumule menekankan agar masyarakat tidak menganggap remeh masalah ini, ikuti terus aturan, imbauan, dan protokol yang disampaikan pemerintah.

Sampai pukul 17.00 WP (Waktu Papua), penyebaran kasus positif di Papua 45 kasus. Di Kota Jayapura terdapat 21 kasus positif, 16 sedang menjalani perawatan, 3 pasien sembuh dan 2 pasien meninggal dunia,

Di Kabupaten Mimika terdapat 13 kasus positif, 10 sedang menjalani perawatan, dan 3 pasien meninggal dunia. Kabupaten Jayapura terdapat 7 kasus, 5 pasien dirawat di RSUD Yowari dan 2 pasien dirujuk ke RSUD Jayapura. Sedangkan Kabupaten Merauke tetap, 4 kasus positif, 2 pasien dirawat, dan 2 pasien sembuh.

Jumlah sampel yang diperiksa di laboratorium 281 sampel, 236 sampel negatif dan 45 sampel positif.(*)

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa