Follow our news chanel

Update 20 Juli: 3 pasien Covid-19 meninggal, 6 kasus baru ditemukan 

Infografis Covid Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 20 Juli 2020. – Jubi/Leon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Papua mengonfirmasi 3 kasus kematian pasien Covid-19, Senin (20/7/2020). Salah satu dari tiga pasien Covid-19 yang meninggal itu adalah tenaga medis yang turut menangani pandemi Covid-19. Pada Senin, juga terkonfirmasi enam kasus baru positif korona.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) menerangkan satu pasien Covid-19 yang meninggal di Kabupaten Jayapura adalah petugas kesehatan. “Ini adalah kasus pertama, petugas kesehatan di Papua [meninggal karena Covid-19]. Ini betul-betul memukul kami, seluruh petugas petugas kesehatan yang ada di Provinsi Papua,” kata Soemoele pada Senin.

Petugas kesehatan yang meninggal itu adalah Ny F, perempuan berusia 44 tahun yang terinfeksi virus korona dengan disertai penyakit malaria dan obesitas. Soemoele menyatakan semakin bertambahnya jumlah pasien Covid-19 meningkatkan risiko bagi tenaga medis di rumah sakit maupun puskesmas.

“Karena, pasti mereka [pasien Covid-19] akan datang mencari kami. Mungkin kami bisa menggunakan Alat Pelindung Diri. Akan tetapi, kalau kasusnya banyak, risiko [petugas kesehatan] terpapar juga semakin meningkat,” kata Soemoele.

Dengan segala keterbatasan yang ada, Soemoele memastikan para petugas kesehatan tetap menjalankan panggilan luhur profesinya untuk melayani seluruh masyarakat. “Ingat sumpah kita petugas kesehatan adalah kepentingan pasien diatas segala-galanya. Tetap semangat tetap mempertahankan kinerja pelayanan kesehatan, baik petugas medis yang ada di Puskesmas dan di rumah sakit,” kata Soemoele.

Baca juga: Update 19 Juli: 39 kasus baru terkonfirmasi, kumulatif 2.568 kasus

Sejumlah dua pasien Covid-19 lain yang meninggal di Kota Jayapura juga memiliki penyakit penyerta. Ny ES yang berusia 43 tahun meninggal setelah dirawat di rumah sakit Pemerintah Provinsi Papua karena Covid-19 disertai penyakit hati (sirosis). Sedangkan  Ny Mr yang berusia 65 tahun meninggal setelah dirawat karena Covid-19 dan penyakit ginjal yang menahun.

Loading...
;

“Kami menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan. Tuhan yang mempunyai hidup dan kehidupan ini,” kata Soemoele. Dengan tiga kasus kematian itu, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal telah mencapai 30 orang, setara 1 persen dari total kasus.

Pada Senin, Satgas Covid-19 Papua juga mengonfirmasi enam kasus baru positif korona, sehingga total kasus Covid-19 bertambah menjadi 2.574 kasus. Sejumlah enam kasus baru itu ditemukan di Kota Jayapura (3 kasus) dan Kabupaten Jayawijaya (3 kasus).

“Penambahan enam kasus itu [terkonfirmasi saat] sejumlah petugas laboratorium off, baik di Laboratorium Kesehatan Daerah, Laboratorium Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Jayapura, dan di Timika. Tidak banyak sampel yang kami periksa,” jelasnya.

Jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) bertambah dua pasien, berasal dari Kabuapten Mimika (1 kasus) dan Kota Jayapura (1 kasus). Jumlah Orang dalam Pemantauan juga bertambah 28 orang, berasal dari Kabupaten Merauke (2 orang), Jayawijaya (2 orang), Mimika (14 orang), Puncak (4 orang), dan Kota Jayapura (6 orang). Dengan penambahan itu, jumlah ODP telah mencapai 2.856 orang.

Sejumlah tujuh pasien Covid-19 dinyatakan sembuh pada Senin. Mereka berasal dari Kabupaten Jayapura (1 pasien) dan Kota Jayapura (6 pasien). Hingga Senin, jumlah kasus sembuh di seluruh Papua mencapai 1.240 kasus, setara 48 persen dari total kasus. Sejumlah 1.304 pasien Covid-19 lainnya masih menjalani perawatan di berbagai rumah sakit dan hotel di Papua.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top