Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Vaksinasi COVID-19 di Papua Barat
Rapat persiapan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 Papua Barat di Manokwari. - Jubi/Hans Arnold Kapisa

Vaksinasi COVID-19 di Papua Barat dimulai 14 Januari

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Ketua Harian Satuan Tugas COVID-19 Papua Barat, Derek Ampnir mengatakan vaksinasi COVID-19 di Papua Barat akan dimulai pada 14 Januari 2021, ditandai dengan pemberian vaksin kepada 12 perwakilan pejabat, tokoh masyarakat, dan tenaga medis. Hal itu dinyatakan Ampnir di Manokwari, ibu kota Provinsi Papua Barat, pada Sabtu (9/1/2021).

Menurut Ampnir, nama para penerima pertama vaksin COVID-19 itu telah diputuskan dalam rapat Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Papua Barat. “[Nama] 12 orang itu diputuskan dalam rapat persiapan vaksinasi Satgas Covid-19 Papua Barat, dan telah mendapat persetujuan masing-masing pihak,” ujar Ampnir, Sabtu.

Sejumlah 12 orang yang akan menjadi penerima pertama vaksin COVID-19 di Papua Barat itu diantaranya Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat Witono, Sekretaris Forum Pengurangan Resiko Bencana Napoleon Fakdawer, Ketua Dewan Adat Papua Wilayah Domberai Zakarias Horota, Sekretaris Lembaga Masyarakat Adat Papua Barat Richard FG Dacosta, Kepala Kantor Pos Manokwari Dedy Metroy, dan Perwakilan Balai Pengawasan Obat dan Makanan Manokwari Herianto Baan. Dari kalangan tenaga medis, Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Otto Parorongan dan Direktur Rumah Sakit Umum (RSUD) Daerah Papua Barat dr Arnold Tiniap juga akan menerima vaksin COVID-19 pada 14 Januari.

Baca juga: Mandacan siap laksanakan vaksinasi covid-19 di Papua Barat

Para tokoh agama dalam Forum Kerukunan Umat Beragama Papua Barat juga akan menjadi penerima pertama vaksin COVID-19, termasuk James R Rahakbauw (Katolik), Pande Nyoman Puraka (Hindu), dan Nurdep (Budha). Selaku Ketua Satgas COVID-19 dan Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah Papua, Derek Ampnir juga akan menerima suntikan vaksin COVID-19 pada 14 Januari.

Derek Ampnir menjelaskan vaksinasi itu akan dilaksanakan di RSUD Papua Barat. Vaksinasi pertama COVID-19 itu akan disaksikan oleh Gubernur Papua Dominggus Mandacan dan para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Papua Barat.

Baca juga: Vaksin Covid-19 untuk Papua Barat tiba di Manokwari

Loading...
;

“Vaksinasi akan dipusatkan di RSUD Provinsi Papua Barat. Para tenaga kesehatan pun telah disiapkan untuk melakukan penyuntikan perdana,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan berharap para pemimpin pemerintahan dan swasta dapat menjadi panutan bagi masyarakat dengan menjadi penerima pertama COVID-19 di Papua Barat. Mandacan mengatakan sudah ada 7.160 dosis vaksin COVID-19 di Papua Barat, dan akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan di Kota Sorong dan Manokwari.

“Pemimpin harus jadi contoh dalam menerima vaksin Covid-19. Saya sendiri sebenarnya mau divaksin, tapi usia saya di atas 60 tahun,” ujar Mandacan belum lama ini.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Scroll to Top