Follow our news chanel

Vanuatu konsisten sediakan perawatan kesehatan jiwa

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Antara Januari dan September 2018, sebanyak 631 pasien atau klien diterima oleh klinik kesehatan jiwa, Mind Care Clinic di Rumah Sakit Pusat di Port Vila.

Jumlah tersebut mencakup pasien biasa serta 58 kasus baru yang juga dilaporkan.

Ini menunjukkan bahwa semakin banyak pasien yang datang di Rumah Sakit Pusat Vila, meski kecil jumlahnya tapi penting, karena semakin banyak orang yang mengetahui layanan yang diberikan kepada individu dengan masalah kesehatan jiwa.

Klinik ini terletak di sebuah bangunan kecil, yang hanya memiliki empat tempat tidur dan ruang khusus untuk pasien yang agresif. Kamar ini pun hanya memiliki satu kasur di dalamnya dengan pintu baja.

Dalam beberapa kasus di mana pasien menjadi agresif, kerabat diminta untuk membantu staf klinik.

Psikiater, Dokter Jimmy Obed, dan perawat yang memimpin klinik itu, Lawrence Hinge, mengatakan bahwa pelayanan kesehatan jiwa di Vanuatu benar-benar dimulai pada 2014, ketika unit terpisah dibuat di rumah sakit itu.

Loading...
;

Meskipun masih sangat terbatas, unit ini telah memberikan layanan yang penting dan konsisten kepada pasiennya.

“Pesan saya kepada orang-orang adalah jika seseorang sedang mengalami atau telah melalui peristiwa yang mengubah hidupnya, dan kemudian mulai menunjukkan perubahan dalam perilaku, tidak ada salahnya untuk mengajukan pertanyaan sederhana, apakah Anda baik-baik saja?” tuturnya.

Pada Maret 2014, Kementerian Kesehatan mulai mengakui Kesehatan Jiwa sebagai departemen sendiri, yang diharapkan dapat memberikan layanan seperti departemen lain, seperti penyakit dalam, bedah, atau pediatri.

Dr Obed mengatakan orang-orang baru mulai berbicara secara terbuka tentang kesehatan jiwa di Vanuatu akhir-akhir ini, akibat hambatan budaya.

“Menurut pengamatan saya, program sosialisasi yang kami lakukan terbukti efektif. Ketika saya mulai bekerja di sini di bangsal lainnya, saya mengamati hampir setiap minggu truk polisi membawa seorang untuk dirawat. Tapi sejak ada kami, Unit Kesehatan Jiwa, mulai beroperasi, tingkat penerimaan pasien telah berkurang.”

“Beberapa orang yang biasanya terlihat seliweran di kota sekarang telah menerima pengobatan, itulah mengapa mereka tidak lagi terlihat di jalan-jalan,” kata Hinge.

Dia mengatakan sebagian besar pasien setia dalam mengkonsumsi obat-obatan mereka.

Bulan ini, Unit Kesehatan Jiwa akan menjadi bagian dari tim medis yang dijadwalkan untuk pergi ke Epi di Provinsi Shefa.

Hinge mengatakan mereka diharapkan mengunjungi semua provinsi. (Daily Post Vanuatu)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top