Follow our news chanel

Previous
Next

Vanuatu laporkan surplus pendapatan negara dalam empat tahun terakhir

Gaetan Pikioune. - DVU/ Godwin Ligo
Vanuatu laporkan surplus pendapatan negara dalam empat tahun terakhir 1 i Papua
Gaetan Pikioune. – DVU/ Godwin Ligo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Pemerintah Vanuatu mengumumkan bahwa mereka telah mengakhiri empat tahun masa jabatannya dengan posisi dimana jumlah cadangan kas negara itu menguat.

Menteri Keuangan dan Ekonomi, Gaetan Pikioune, berkata ia sangat puas dengan kinerja pendapatan pemerintah selama empat tahun terakhir. Ia berkata, “Pemerintah saat ini (dipimpin oleh Perdana Menteri Charlot Salwai) telah mengumpulkan cadangan kas yang luar biasa, jumlah yang sekarang akan ada di sejarah Pemerintah Vanuatu selamanya.”

“Saya sangat bangga untuk mengumumkan bahwa pendapatan pemerintah, tidak termasuk dana bantuan asing, telah meningkat sebesar 62,9 % dari 2016 hingga 2019, sementara pengeluaran pemerintah telah dikelola dengan hati-hati selama bertahun-tahun sejak pemerintah ini berkuasa.”

“Setelah berkonsultasi dengan Direktur Jenderal Kementerian, Letlet August, saya bisa mengumumkan bahwa selama empat tahun terakhir, pemerintah telah secara konsisten melaporkan surplus dan mengakumulasi cadangan kas yang kuat.”

“Cadangan kas ini telah digunakan untuk menangani komitmen pemerintah yang sudah lama berjalan, pembayaran utang publik, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah Vanuatu, ada anggaran yang disisihkan untuk membangun infrastruktur,” kata Menteri Pikioune melalui sebuah pernyataan.

Pada 2016, Vanuatu mengadakan pemilu dengan biaya Vt 88,4 juta. Pada akhir 2016, pemerintah telah mengumpulkan Vt 20.648.200.000 juta, dan menghabiskan Vt 17.808 miliar. Ini berarti ada surplus fiskal sebesar Vt 2.243.800.000. Demikian pula pada 2017, saat negara iru menyelenggarakan Pacific Mini Games, dilaporkan surplus sebesar Vt2.812.900.000.

Loading...
;

Hal yang sama berlanjut pada 2018 dan 2019. Pada 2019, menurut pemerintah ada surplus sebesar Vt 7,215,300,000.

Ketika ditanyai Daily Post apakah program kewarganegaraan melalui investasi turut berperan dalam pemasukan negara dan surplus yang disebutkan, jawaban yang diterima membenarkan bahwa program tersebut telah berkontribusi terhadap pemasukan yang dilaporkan dan telah menjadi salah satu faktor ‘pendorong’ pertumbuhan. (Daily Post Vanuatu)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top