Follow our news chanel

Vanuatu resmi jadi negara berkembang pada Desember 2020

Proses kelulusan Vanuatu dari daftar Least Developing Country (LDC) atau Negara terbelakang sudah dimulai sejak 2013. - PBB

Papua No.1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Pada Sabtu 24 Oktober, genap 40 hari yang tersisa sampai Vanuatu lulus dari daftar negara Least Developing Country (LDC) dan menjadi Developing Country atau negara berkembang.

Kelulusan Vanuatu pada 4 Desember tahun ini akan menandai dimulainya tahap selanjutnya perjalanan pembangunan negara itu, kata Perdana Menteri (PM), Bob Loughman.

“Kelulusan merupakan sebuah capaian penting. Ini menunjukkan bahwa sebagai negara yang relatif muda, kita telah mengalami kemajuan yang signifikan dalam perjalanan pembangunan kita,” ujarnya. “Ini dapat meningkatkan citra negara kita menjadi lebih baik dan menaikkan peringkat kita dalam hal investasi oleh lembaga-lembaga internasional, yang dapat menarik lebih banyak investasi. Ini juga dapat menyebabkan fleksibilitas yang lebih besar dalam pemberian bantuan, termasuk budget support yang lebih besar dan akses ke pinjaman-pinjaman komersial dan lunak.”

“Pejabat-pejabat pemerintah akan terus bekerja sama dengan komunitas bisnis, serta mitra perdagangan dan pembangunan untuk memastikan transisi yang mulus.”

“Ketakpastian ekonomi akibat pandemi Covid-19 global telah mendorong pemerintah itu untuk mencari dukungan internasional guna memperpanjang masa transisi yang lancar,” kata PM.

“Kita berharap Majelis Umum PBB akan mendukung resolusi kita untuk membantu memastikan tidak ada negara yang lulus selang masa-masa yang tidak pasti ini yang kembali undur ke kategori LDC,” tambahnya.

Loading...
;

Kepala pemerintah itu juga menambahkan bahwa langkah-langkah berikutnya kemungkinan besar akan menantang mengingat ancaman perubahan iklim yang kian memburuk, menyusutnya SDA, ketegangan geopolitik, dan bencana alam.

Proses kelulusan LDC Vanuatu dimulai sejak 2013. Beberapa negara Kepulauan Pasifik lainnya diharapkan akan lulus di tahun-tahun mendatang. (Daily Post Vanuatu)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top