Venue layar dan renang PON Papua kekurangan peralatan

Wakil Ketua Sub PB PON Kota Jayapura di venue layar PON Papua
Wakil Ketua Sub PB PON Kota Jayapura saat meninjau venue layar di Hamadi - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Ketua Sub PB PON Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan venue cabang olahraga layar di PON XX Papua 2021 masih kekurangan peralatan.

“Barangnya belum ada. Sementara masih proses masuk dan diperkirakan 25 September sudah ada karena pertandingan dimulai (layar) pada 1 Oktober,” ujar Rustan usai meninjau venue layar di Pantai Hamadi Kompleks Angkatan Laut, Kamis (16/9/2021).

Dikatakan Rustan, yang harus dilengkapi di venue layar adalah pemasangan lintasan dan pamasangan perlengkapan alat pendukung, seperti arena pertandingan, arah angin, dan peralatan perahu.

Prasarana pendukung lainnya seperti jembatan Yeti untuk tempat sandar peserta untuk menuju ke laut. Bangunan pelengkap lainnya, seperti tempat mandi atau ganti baju atlet juga perlu dilengkapi.

“Prasarana pendukung ini diperkirakan selesai pengerjaanya pada 20 September ini, termasuk gapura masuk di dalam arena,” ujar Rustan yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Jayapura.

Rustan berharap sarana dan prasarana pendukung di venue layar segera dituntaskan agar pelaksanakan kegiatan atau perlombaan berjalan dengan baik, karena test event akan dilakukan pada 25 September 2021.

“Sudah ada peserta PON dari luar daerah yang datang, seperti atlet dari Kepulauan Riau dan Maluku. Tempat bagus dan repsentatif. Kendalanya masih ada perahu nelayan yang melintasi arena venue. Kami harap nelayan tidak masuk dalam lintasan pertandingan,” ujar Rustan.

Loading...
;

Rustan menambahkan arena renang juga membutuhkan lintasan dan pembatasan atau penunjuk arah. Dengan harapan semua fasilitas yang perlu dilengkapai sebelum hari pertandingan dilaksanakan sudah tuntas.

Baca juga: Sejumlah venue PON XX klaster Kabupaten Jayapura dalam persiapan fasilitas pendukung

Pelatih Kepala Tim Layar PON Papua, Ferdinand, mengatakan masih kelurangan peralatan tanding yang memadai untuk digunakan lima nomor tanding atlet layar Papua.

“Ada lima unit untuk peralatan lomba, yaitu di kelas optimis, kelas lesser, tekno, RS one, dan kelas 420. Sampai saat ini kami belum punya alatnya. Peralatan ini sangat penting agar memaksimalkan kami latihan untuk meraih yang terbaik,” ujar Ferdinand. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top