Venue terbang layang PON XX sudah siap 90 Persen

Papua
Venue terbang layang yang masih dalam proses pengerjaan - Jubi/Sudjarwo Husain.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Venue terbang layang yang disiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX sudah mencapai progres 90 persen. Venue ini memakan waktu yang cukup lama di pengerjaan timbunan.

Venue yang terletak di lahan milik Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Yohanis Kapiyau Kabupaten Mimika itu tinggal mengerjakan perataan timbunan dan penanaman rumput.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mimika, Robert Mayaut mengatakan pengerjaan venue terbang layang ini menggunakan dana APBD Mimika sebesar Rp14 miliar lebih dan kolaborasi dana APBD Provinsi Papua sebesar Rp20 miliar lebih.

Mayaut menjelaskan, pembangunan venue terbang layang itu didesain tak hanya untuk pelaksanaan PON XX, tapi juga akan diperuntukkan sebagai landasan parkir bagi pesawat komersial dari Bandar Udara Moses Kilangin pasca PON XX nantinya.

“Untuk desainnya kita mendesain tinggi timbunan bisa sampai 1 meter lebih karena rencana bukan bertujuan untuk PON saja, desainnya ini berfungsi juga setelah PON nanti sebagai taxi paralel. Setelah pesawat mendarat, bisa parkir di situ dan bisa sejajar dengan runway. Kita memberikan ruang di situ,” jelas Mayaut kepada awak media Jubi, belum lama ini.

Sementara itu, pengawas proyek venue terbang layang, Lilik Baskoro mengatakan venue tersebut sudah melewati proses penimbunan lahan yang memakan waktu cukup lama.

Lilik menjelaskan, panjang venue tersebut yakni 860 meter dengan lebar lahan 75 meter. Venue tersebut nantinya hanya untuk landasan pesawat yang akan digunakan pada cabang olahraga terbang layang PON XX.

Loading...
;

“Penimbunan sudah dilakukan, sekarang tinggal perataan timbunan dan penanaman rumput. Kalau untuk timbunan sudah 100 persen. Jadi sudah tidak ada lagi timbunan. Progresnya itu saja. Kalau bangunannya ada 1. Paling waktu kerjanya tidak lama, sekitar seminggu lah. Penanaman rumput targetnya mungkin dua mingguan lebih. Jadi nanti ada juga masa pemeliharaan rumputnya,” jelas Lilik.

Ia mengungkapkan, rumput yang akan digunakan pada venue terbang layang nantinya berjenis rumput gajah dan rumput manila. Rumputnya akan didatangkan dari Jawa Timur atau Jawa Tengah.

“Rumputnya itu jenis rumput manila sama rumput gajah lokal, rencanaya rumputmya kita datangkan dari Jawa Timur atau Jawa Tengah,” ujarnya.

Untuk standarisasi venue terbang layang Mimika, Lilik mengklaim sudah berstandar nasional, bahkan nantinya bisa digunakan juga untuk internasional.

“Untuk venuenya ini yah kita ikuti standar dari Technical Delegate (TD) nya. Sesuai prosedur gambarnya dan desainnya seperti apa. Standarisasinya ini untuk nasional tapi juga bisa untuk internasional terbang layang,” katanya.

Meskipun pelaksanaan PON XX hanya menyisakan 85 hari, namun Lilik optimis pengerjaannya bisa rampung tepat waktu.

Venue ini sendiri mulai dikerjakan pada Desember 2020 berdasarkan kontrak dan dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Mandava Putra Utama dan PT Pilar Delta Cakra. Target pengerjaannya sesuai kontrak yakni 210 hari.

“Kita optimis bisa selesai semuanya sebelum PON nanti. Untuk seseluruhannya sih pengerjaan venue ini sudah di progres 90 persen lah,” katanya.

Venue terbang layang ini akan mempertandingkan cabang olahraga Aerospot disiplin terbang layang dengan 12 nomor pertandingan, di antaranya nomor putra Precision Landing Kelas Schweizer SGS 1-26, Precision Landing Kelas Schweizer SGU 2-22, Duration FIight Kelas Schweizer SGS 1-26, Duration Flight Kelas Schwelzer SGU 2-22, Precision Landing Kelas Schweizer SGU 2-22 Beregu dan Duration Flight Kelas Schweizer SGU 2-22 Beregu.

Nomor putri Precision Landing Kelas Schweizer SGS 1-26, Precision Landing Kelas Schweizer SGU 2-22, Duration Flight Kelas Schweizer SGS 1-26 dan Duration Flight Kelas Schweizer SGU 2-22. Serta dua nomor campuran yakni Precision Landing Kelas Schweizer SGU 2-22 Duration dan Flight Kelas Schweizer SGU 2-22. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top