TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Victor Yeimo kembali diperiksa dokter di RSUD Jayapura

Victor Yeimo diperiksa di RSUD Jayapura, Papua
Victor Yeimo saat berbaring di ruang pemeriksaan paru-paru RSUD Jayapura, Senin (30/8/2021). - Jubi/Theo Kelen

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Juru bicara internasional Komite Nasional Papua Barat atau KNPB, Victor Yeimo akhirnya kembali menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Jayapura pada Senin (30/8/2021). Pemeriksaan kesehatan itu baru dilakukan Senin, karena pada Sabtu (28/8/2021) Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Nikolaus Kondomo menolak untuk segera menjalankan penangguhan penahanan yang ditetapkan majelis hakim Pengadilan Negeri Jayapura.

Victor Yeimo dibawa dari rumah tahanan Mako Brimob Polda Papua memakai ambulans menuju RSUD Jayapura pada Senin sekitar pukul 15.20 WP. Ambulans itu dikawal dua mobil patroli polisi dan tiga mobil minibus hitam.

Ada sekitar 20 polisi yang mengawal Yeimo ke RSUD Jayapura. Jaksa Penuntut Umum, Adrianus Tomana dan Valerianus Dedi Sawaki juga turut hadir di RSUD Jayapura.

Baca juga: Emanuel Gobay: Kajati Papua menahan Victor Yeimo tanpa dasar hukum

Victor Yeimo didampingi oleh advokat Emanuel Gobay dan sejumlah penasehat hukum lainnya. Kedua anggota DPR Papua yang menjadi penjamin dalam permohonan penangguhan penahanan Victor Yeimo, Laurenzus Kadepa dan John NR Gobai juga ikut mendampingi Victor Yeimo. Istri dan ibunda Yeimo juga ikut berada di RSUD Jayapura.

Yeimo tiba di RSUD Jayapura sekitar pukul 16.00 WP. Ia langsung dibawah ke ruang paru-paru, dan menjalani pemeriksaan kesehatan di sana.

Ia mengenakan topi , bercelana hitam panjang, mengenakan baju hijau yang tidak dikancingkan, dengan kaos didalamnya. Gelang bintang kejora melekat di pergelangan tangan kirinya. Ia nampak lemas, dan berbicara dengan suara lirih.

Baca juga: John NR Gobai: Kajati Papua abaikan penetapan pembantaran Victor Yeimo

Di depan koridor menuju tempat pemeriksaan Victor Yeimo, ada delapan anggota Brimob berjaga, lengkap dengan rompi anti peluru dan senjata. Di depan ruang tempat ia dibaringkan, polisi juga berjaga. Sejumlah warga dan aktivis KNPB juga ikut berjaga di depan ruang tempat Yeimo diperiksa.

Jaksa Penuntut Umum, Adrianus Tomana saat ditemui Jubi di RSUD Jayapura mengatakan pemeriksaan kesehatan pada Senin itu sesuai dengan penetapan majelis hakim untuk menangguhkan penahanan Victor Yeimo. Penangguhan penahanan itu ditetapkan oleh majelis hakim yang diketuai Eddy Soeprayitno S Putra SH MH, dengan hakim anggota Mathius SH MH dan Andi Asmuruf SH, pada Jumat (27/8/2021).

Surat Penetapan Pembantaran Victor Yeimo tertanggal 27 Agustus 2021 itu mengikuti rekomendasi tim dokter RSUD Jayapura yang menyatakan Yeimo harus menjadi rawat inap di rumah sakit, karena kesehatannya memburuk. Akan tetapi, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Nikolaus Kondomo pada Sabtu pekan lalu menolak menjalankan penangguhan penahanan pada hari itu. Saat itu, Kondomo menyatakan penangguhan penahanan Victor Yeimo baru akan dilakukan pada Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Merasa pembantaran Victor Yeimo diabaikan JPU, keluarga datangi rumah Kajati Papua

Adrianus Tomana menyatakan lamanya penangguhan penahanan itu akan bergantung kesimpulan dokter atas pemeriksaan kesehatan Victor Yeimo. “Kapan lama pembantaran tergantung hasil pemeriksaan dokter. Kalau dokter nyatakan sudah sembuh, maka pembantaran kami cabut, dan [Victor Yeimo] dikembalikan ke sel tahanan,” katanya.

Tomana menyatakan penahanan Victor Yeimo ditangguhkan karena sakit, sehingga proses hukum perkaranya di Pengadilan Negeri Jayapura dihentikan sementara. “Sementara persidangan dihentikan dulu, sampai terdakwa dinyatakan dokter sehat kembali,” kata Tomana.

Hingga berita ini diturunkan pada Senin petang, Victor Yeimo masih di RSUD Jayapura. Belum diperoleh informasi berapa lama pemeriksaan kesehatan itu akan berlangsung. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending


Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us