HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Video : Jakub Fabian, warga negara asing pertama yang dikenakan pasal makar

Jayapura, Jubi – JAKUB FABIAN SKRZYPSKI (JFS) warga Polandia dituduh melakukan tindak pidana percobaan kejahatan terhadap keamanan negara. Polisi menetapkan Jakub telah melanggar Pasal 106 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP dan atau Pasal 111 KUHP jo Pasal 53 KUHP dan 55 KUHP. Pasal 106 KUHP adalah tuduhan terhadap mereka yang diduga melakukan makar.

Makar dengan maksud supaya seluruh atau sebagian wilayah negara jatuh ke tangan musuh atau memisahkan sebagian dan wilayah negara, diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun. Pasal ini dikaitkan dengan Pasal 110 KUHP, yakni permufakatan jahat : Permufakatan jahat untuk melakukan kejahatan menurut pasal 104, 106, 107 dan 108 diancam berdasarkan ancaman pidana dalam pasal-pasal tersebut. Artinya dugaan makar ini didahului dengan suatu permufakatan atau kesepakatan.

Ini menandakan ada lebih dari seorang yang dituduh melakukan tindak pidana tersebut. Terhadap Jakub, polisi menuduhnya melakukan bersama Simon Magal(SM). SM ditangkap di Timika tanggal 1 September 2018. Keduanya ditangani langsung oleh Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Papua dan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Papua.

Link yang berkaitan:

1. https://www.aldp-papua.com/jakub-fabi…

2. https://jubi.co.id/artikel-19849…

Baca juga  Polda Papua analisis daerah rawan saat Pemilukada serentak
Loading...
;

Terkini

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa