Follow our news chanel

Voting pengganti PM Jepang Shinzo Abe disederhanakan

papua
Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Partai mayoritas di Jepang, Partai Demokratik Liberal, memutuskan untuk menyederhanakan proses voting pencarian ketua partai dan perdana menteri pengganti Shinzo Abe. Hal itu menyusul mundurnya perdana menteri Shinzo Abe dari posisi ketua partai dan PM Jepang pekan lalu.

Keputusan untuk menyederhanakan proses voting tersebut diambil hari ini, Selasa, (1 /9/2020)  didukung secara mutlak sehingga bisa segera diformulasikan dan diwujudkan. Target mereka, voting bisa digelar paling cepat 14 September 2020.

Baca juga : Terseret skandal melon, Mendag Jepang mundur  

Jepang segera cabut status darurat Covid-19 di sejumlah kota ini 

PM Abe: Tiga Warga Jepang Jadi Korban Serangan di Tunisia

Perubahan yang kentara dari proses baru tersebut, voting tidak akan lagi melibatkan seluruh anggota partai yang jumlahnya lebih dari sejuta. Untuk tahun ini, proses voting hanya akan melibatkan 394 anggota parlemen dan 141 perwakilan dari pengurus cabang Partai Demokratik Liberal di 47 prefektur.

Loading...
;

Penyederhanaan tersebut dilakukan untuk mempercepat proses voting. Dalam situasi normal, proses voting bisa memakan waktu dua bulan. Menurut Partai Demokratik Liberal, hal itu terlalu membuang-buang waktu dan malah akan membebani Shinzo Abe yang kondisinya memburuk.

Alasan lain, penyederhanaan voting juga dirasa lebih murah secara anggaran. Dengan begitu, anggaran yang tersisa nantinya lebih bisa digunakan untuk keperluan terkait pengendalian pandemi virus Corona.

Format baru ini akan lebih menguntungkan Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga. Sebab, Yoshihide Suga sudah mengamankan dukungan dari faksi terbesar di Partai Demokratik Liberal. Jika format lama dipertahankan, mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba lebih memiliki kesempatan bersaing karena kuatnya dukungan di level akar rumput. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top