HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Wabah corona, AS pertimbangkan pelonggaran sanksi untuk Iran

Ilustrasi pemeriksaan covid-19 - Pexels.com.
Wabah corona, AS pertimbangkan pelonggaran sanksi untuk Iran 1 i Papua
Ilustrasi perawatan medis terhadap pasien covid-19 – Pexels.com.

Mencerminkan perubahan sikap Departemen Luar Negeri AS, yang dikritik pedas atas pemberian sanksi kepada negara yang ingin memberikan bantuan kepada Iran.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Washington, Jubi – Sekretaris Negara Amerika Serikat Mike Pompeo, menyebutk negaranya mempertimbangkan pelonggaran sanksi terhadap Iran dan negara-negara lain untuk membantu memerangi epidemi virus corona. Meskipun demikian Pompeo tidak memberikan tanda konkret bahwa AS akan melakukannya.

Wabah corona, AS pertimbangkan pelonggaran sanksi untuk Iran 2 i Papua

Komentar tersebut mencerminkan perubahan sikap Departemen Luar Negeri AS, yang dikritik pedas atas pemberian sanksi kepada negara yang ingin memberikan bantuan kepada Iran.

Baca juga : Iran bebaskan 85 ribu tahanan karena Covid-19, Indonesia?

Lagi, pejabat Iran kembali terinfeksi corona

Wapres dan wakil menteri kesehatan Iran tertular corona

Loading...
;

Sekretaris Jenderal PBB sebelumnya meminta kepada AS untuk meringankan sanksi ekonomi AS terhadap Iran.

Berbicara kepada wartawan, Pompeo menekankan pasokan kemanusiaan dan medis dibebaskan dari sanksi yang diberlakukan kembali oleh Washington terhadap Teheran setelah Presiden Donald Trump mengabaikan perjanjian multilateral Iran pada 2015 untuk membatasi program nuklirnya.

Namun, sanksi AS yang lebih luas menghalangi banyak perusahaan dalam memberikan bantuan kemanusiaan untuk Iran, salah satu negara yang paling terpukul oleh epidemi virus corona.

“Kami mengevaluasi semua kebijakan kami secara terus-menerus, jadi jawabannya adalah – apakah kami akan memikirkan kembali? – Tentu saja,” kata Pompeo, ketika ditanya apakah mungkin Amerika Serikat akan mengevaluasi kembali sikapnya tentang pelonggaran sanksi.

Sedangan tentang bantuan seperti pada 20 Maret, Pompeo hanya mengatakan sanksi AS tidak berlaku untuk barang medis dan kemanusiaan lainnya.

Tercatat Pemerintahan Trump menekankan kebijakan tekanan maksimum untuk mencoba memaksa Iran untuk mengekang kegiatan nuklir, rudal, dan regionalnya.

Di Twitter Menteri luar negeri Iran menuduh Amerika Serikat terlibat dalam teror medis. Sedangan pakar hak asasi manusia dari Amerika Serikat menyerukan mencabut sanksi internasional terhadap negara-negara mulai dari Iran hingga Korea Utara dan Venezuela untuk memastikan bahwa persediaan makanan mencukupi untuk rakyat selama pandemi virus corona. (*)

Editor : Edi Faisol

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa