Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Wabah kolera di Mozambik meningkat paska topan Idai

Ilustrasi layanan medis, pixabay.com
Wabah kolera di Mozambik meningkat paska topan Idai 1 i Papua
Ilustrasi layanan medis, pixabay.com

Sementara pemerintah dan lembaga-lembaga bantuan berjibaku mengatasi merebaknya penyakit yang menimpa di antara puluhan ribu korban badai tersebut.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Beira, Jubi – Jumlah kasus kolera yang terkonfirmasi di kota Beira, Mozambik usai dilanda topan Idai meningkat menjadi 138 orang, pada Jumat, (29/3/2019).  Sementara pemerintah dan lembaga-lembaga bantuan berjibaku mengatasi merebaknya penyakit yang menimpa di antara puluhan ribu korban badai tersebut.

Tercatat topan Idai menghantam Beira pada 14 Maret, menyebabkan banjir yang menimbulkan bencana dan membunuh lebih 700 orang di tiga negara di bagian tenggara Afrika.

Berita terkait : Ribuan orang terjebak di Mozambik akibat topan Idai

Ratusan orang di tiga negara ini tewas akibat badai Idai

Banyak kawasan dengan jalan-jalannya yang rusak parah di Mozambik dan Zimbabwe masih tak dapat dilalui, sehingga menghambat usaha-usaha pertolongan dan memperburuk ancaman penularan.

Loading...
;

“Dua orang meninggal di rumah dengan gejala-gejala dehidrasi dan diare,” kata Menteri Lingkungan Hidup Mozambik, Celso Correia.

Seorang wartawan Reuters melihat jasad seorang anak yang sudah meninggal dibawa ke luar dari ruang gawat darurat klinik di Beira pada Rabu. Anak itu telah menderita diare akut, yang bisa jadi gejala terkena kolera.

“Kami sudah buat perkiraan, kami siap untuk ini, kami kerahkan dokter-dokter di tempat,” kata Correia kepada wartawan.

Pemerintah mengatakan untuk pertama kali sudah ada kasus kolera yang terkonfirmasi pada Rabu, dua hari lalu.

Baca juga : Sedikitnya 24 orang tewas akibat siklon Idai di Zimbabwe

Institut Manajemen Bencana Nasional Mozambik mengatakan jumlah kematian akibat badai tropis telah meningkat jadi 493 orang dari 468 sebelumnya. Jumlah kematian keseluruhan di Mozambik, Zimbabwe dan Malawi jadi 738 orang, dengan banyak lagi masih hilang.

“Komunitas yang terdampar sangat bergantung pada air yang tercemar. Sanitasi yang jelek dan banjir yang menyebar luas menimbulkan lahan subuh bagi wabah penyakit termasuk kolera,” kta Komite Palang Merah Internasional dalam satu pernyataan.

Di Jenewa, Tarik Jasarevic dari Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan 900 ribu dus vaksin korela oral diperkirakan tiba pada Senin pekan depan. (*)

Editor : Edi Faisol

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top