Follow our news chanel

Previous
Next

Wabah virus Corona tunda proyek Tiongkok di Kepulauan Solomon

Kepulauan Solomon akan menjadi tuan rumah Pacific Games 2023 . - RNZI/ Media OFC
Wabah virus Corona tunda proyek Tiongkok di Kepulauan Solomon 1 i Papua
Kepulauan Solomon akan menjadi tuan rumah Pacific Games 2023 . – RNZI/ Media OFC

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Jadwal proyek-proyek yang didanai Tiongkok di Kepulauan Solomon akan sedikit tertunda karena wabah baru virus Corona di sana saat ini. Penasihat Politik dan Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok di Papua Nugini, Yao Ming, berkata kepada wartawan setempat Senin kemarin (3/2/2020), di Honiara.

Dia mengimbau bahwa wabah itu akan mempengaruhi kemajuan beberapa proyek besar, yang dijadwalkan untuk dimulai tahun ini, antara Pemerintah Tiongkok dan Kepulauan Solomon.

Sejak dibentuknya hubungan diplomatik antara kedua pemerintah tahun lalu, sejumlah proyek besar direncanakan akan dimulai tahun ini. Salah satunya adalah stadion nasional untuk Olimpiade Pasifik atau Pacific Games 2023 yang akan diselenggarakan di Honiara.

Ming berkata kepada wartawan setempat bahwa sebenarnya mereka berharap satu delegasi resmi dari Pemerintah Tiongkok yang bertanggung jawab atas proyek-proyek ini, akan tiba di Honiara minggu ini.

“Tapi kunjungan ini harus dijadwal kembali karena semua larangan perjalanan yang disebabkan oleh wabah virus Corona,” jelas Ming.

Delegasi itu seharusnya ada di Kepulauan Solomon, untuk bertemu dengan pemerintah dan mulai mengembangkan pengaturan untuk proyek-proyek yang akan datang.

Loading...
;

Ketika ditanya tentang perkiraan waktunya, Ming menegaskan kalau saat ini mereka tidak yakin berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengekang virus Corona.

“Seperti yang kita ketahui, Pemerintah Tiongkok sedang berupaya sebaik mungkin untuk mengendalikan dan mengobatinya, sehingga virus ini tidak mencapai negara-negara yang sistem kesehatannya kurang memadai,” tambahnya.

Ming lalu menambahkan bahwa Kepulauan Solomon adalah salah satu negara yang ia dukung larangannya yang diberlakukan oleh Pemerintah Kepulauan Solomon pekan lalu. Ia meyakinkan pemerintah dan masyarakat Kepulauan Solomon bahwa segera setelah masalah virus Corona ditangani, mereka akan meneruskan semua proyek.

Ming terutama menekankan pemerintahnya menyadari jadwal Pacific Games 2023 dan akan memastikan proyek stadion adalah prioritas utama.

Proyek besar lainnya yang akan didanai oleh Tiongkok di Kepulauan Solomon termasuk fasilitas pengolahan air, rumah sakit, dan sejumlah proyek kecil lainnya yang akan dilakukan di daerah terpencil. (Solomon Star News)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top