Follow our news chanel

Wabup Jayapura buka pameran budaya Kebangkitan Masyarakat Adat

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Pameran budaya dalam rangka HUT Kebangkitan Masyarakat Adat ke-5 Kabupaten Jayapura di Lapangan Mandala Genyem Kota Distrik Nimboran, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro.

Dalam sambutannya yang dibacakan wakil bupati, Bupati Jayapura mengatakan peringatan HUT Kebangkitan Masyarakat Adat di Kabupaten Jayapura merupakan bukti keseriusan pemerintah daerah dalam mendekatkan sistem pelayanan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di berbagai sektor, baik pembangunan fisik, mental, dan spiritual demi mengembalikan kejayaan maupun jati diri masyarakat asli.

“Dengan hadirnya kampung-kampung asli, kita menyadari dengan sungguh betapa berpotensi diri kita dalam komunitas masyarakat adat yang mempunyai wilayah sehingga dapat diupayakan sebagai rasa tanggung jawab untuk dilindungi dan dilestarikan dengan baik,” kata Wakil Bupati di Lapangan Mandala, Selasa (23/10/2018).

Dikatakan, dengan semangat kebangkitan masyarakat adat di Kabupaten Jayapura yang memasuki tahun kelima ini, semua warga masyarakat dalam komunitas adat tetap memiliki semangat kebersamaan dan kegotongroyongan dalam pembangunan di segala bidang.

“Kehidupan masyarakat adat secara turun temurun memiliki nilai sakral sekaligus menjadi saksi yang dipegang teguh oleh masyarakat adat. Inilah yang disebut sebagai kearifan lokal yang tidak dimiliki oleh masyarakat lain di Indonesia,” ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-5 Kebangkitan Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, mengatakan peserta Pameran Budaya dalam Rangka HUT Kebangkitan Masyarakat Adat tahun 2018 ini terdiri dari perwakilan setiap kampung yang berada di wilayah pembangunan Tiga dan Empat, ditambah perwakilan PKK distrik dan kampung.

Loading...
;

“Dalam pameran budaya ini yang ditampilkan di setiap stand adalah hasil kerajinan tangan, kuliner asli Kabupaten Jayapura, yang kesemuanya dibuat menggunakan bahan lokal serta sumber daya alam yang dimiliki. Kita berharap agar dari apa yang dipamerkan ini bisa menjadi pendapatan untuk masyarakat setempat dalam menunjang kebutuhan ekonomi mereka,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top