Wabup Yalimo: SK pelantikan bupati sudah di tangan Gubernur Papua

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Wakil Bupati Yalimo Lakius Peyon mengatakan pelantikan Bupati Yalimo, mengantikan posisi almarhum Er Dabi, tinggal menunggu tanggal pelaksanaan. Pasalnya,Surat Keputusan (SK) dari Kementrian Dalam Negeri sudah ditangan Gubernur Papua.

"SK sudah ada di gubernur dan untuk tanggal pelantikannya, kami masih tunggu gubernur," kata Lakius Peyon kepada Jubi di Jayapura, Senin (3/4/2017).

“Menurut Undang-Undang jika seorang kepala daerah berhalangan atau meninggal dunia secara otomatis akan digantikan  oleh seorang wakil dan itu termasuk di Kabupaten Yalimo Propinsi Papua.”

Lakius, yang juga mantan wartawan itu, mengatakan untuk wakilnya nanti di akan tentukan oleh delapan partai pengusung dalam pemilihan lalu. Dan, merekomendasikan beberapa nama melalui Pansus yang kemudian diserahkan kepada bupati. 

“Bupati akan memilih dua kandidat untuk di serahkan ke DPRD untuk memilih di antara dua calon tersebut. Dan dipilih dua orang untuk di pilih lagi oleh dewan perwakilan rakyat  daerah (DPRD) Kabupaten Yalimo,” tuturnya.

Pada pemilihan serentak 2016, Bupati Yalimo alm. Er Dabi berpasangan dengan Lakius Peyon. Mereka menang. Namun Dalam kunjungan kerja ke Paniai bersama rombongan Gubernur pada 7 Desember 2016 di Timika, ia menghembuskan napas terakhirnya. (*)

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top