Follow our news chanel

Wacana pemekaran distrik di Kabupaten Jayapura

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan pihaknya telah mengusulkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura untuk pemekaran tujuh distrik dari 19 distrik wilayah tersebut.

“Pemekaran distrik adalah konsekuensi dari lajunya petumbuhan penduduk serta untuk memudahkan program pembangunan yang merata di tengah masyarakat,” jelas Bupati Awoitauw, di Sentani, Sabtu (26/1/2019).

Menurutnya, pemekaran distrik ini juga sedikit terlambat. Oleh sebab itu pihaknya mendorong DPRD agar lebih cepat menetapkan melalui sebuah peraturan daerah sekaligus dengan penetapan sejumlah kampung adat yang mengalami pemekaran lebih dulu dari kampung dinas.

“Tujuh distrik ini pecahan dari sejumlah distrik yang ada di wilayah pembangunan I, II, III, dan IV. Setelah ditetapkan, untuk pengkodean distrik dan kampung nanti diserahkan kepada Mendagri. Hal ini berkaitan dengan anggaran yang akan ditetapkan juga bagi distrik dan kampung pemekaran,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketu I DPRD Kabupaten Jayapura, Moses Kallem, mengatakan untuk pembahasan pemekaran distrik sudah masuk dalam agenda sidang DPRD Kabupaten Jayapura. Awal atau pertengahan Februari akan dibahas.

“Awal tahun kita menunggu jadwal kegiatan yang dikeluarkan, tetapi untuk pengusulan eksekutif sudah dalam agenda sidang tahun ini,” katanya. (*)

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top