HIPPAS, Wadah Aspirasi Pedagang Pasar Youtefa

 

Pengukuhan oleh Walikota jayapura, Benhur Tomy Mano kepada pengurus HIPPAS-Jubi/Sindung
Pengukuhan oleh Walikota jayapura, Benhur Tomy Mano kepada pengurus HIPPAS-Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi – Ketua himpunan pedagang pasar (HIPPAS) Pasar Youtefa, Muh Thamrin Ruddin, mengakui pembentukan organisasi pedagang tidak hanya mengkonsolidasi dan advokasi para pedagang pasar, tetapi juga melakukan pembinaan dalam peningkatan usaha serta memberikan fasilitas akses produsen dan kredit kepada para anggota.

“Pada dasarnya kita ingin semuanya merasa nyaman. Artinya, pemerintah senang, kami pun senang berdagang, dan pengunjung pasar puas bertransaksi di pasar. Adanya simbiosis mutualisme,” kata Thamrin Ruddin, kepada Jubi, Sabtu (19/9/2015).

Program pendataan yang dilakukan pemerintah terkait rencana Pemkot Jayapura merelokasi para pedagang di Pasar youtefa ke tempat baru, Thamrin mengaku akan membantu memberikan datanya.

“Kita pastikan datanya valid. Kalau perlu validasi, kita akan ikut,” katanya.

Terkait bermacam masalah di Pasar Youtefa, Thamrin mengakui adanya kesemerawutan los pasar, jalan-jalan berlubang, banjir, dan bermacam pungutan yang membuat pedagang dan pengunjung saling tidak nyaman, serta keberadaan pasar modern yang makin menghimpit pedagang kecil.

“Kita harus bangun optimisme dan kita bisa eksis di tengah persaingan yang ketat dengan jalan memperbaiki kualitas barang dagangan, harga kompetitif, jujur disiplin, dan belajar meningkatkan kemampuan manajerial, serta beradaptasi dengan perkembangan informasi,” katanya.

Loading...
;

Thamrin minta pemerintah membangun dan merenovasi pasar yang representatif, memberikan perlindungan kepada pedagang pasar, serta menciptakan situasi kondisi yang aman dan nyaman bagi aktivitas jual beli.

Ia mengatakan dengan beranggotakan sekitar 4.000 pedagang, HIPPAS diharapkan bisa dimaknai sebagai momentum konsolidasi untuk merajut kembali rasa persaudaraan antara sesama pedagang pasar di Kota Jayapura.

Sementara itu, Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengapresiasi atas terbentuknya HIPPAS Pasar Youtefa dan bisa membantu pemerintah dalam melakukan pendataan pedagang dan memberikan masukan positif untuk perencanaan dan pembangunan pasar ke depan.

“Wadah ini perwakilan dan kepanjangan tangan Wali Kota Jayapura untuk memberikan fungsi pengawasan dan memfasilitasi aspirasi para pedagang di Pasar Youtefa,” katanya. (Sindung Sukoco)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top