Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Wadir RSUD Jayapura: Aktivitas operasi kembali normal

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Wakil Direktur (Wadir) pelayanan medik RSUD Jayapura, dr. Donal Aronggear mengklaim sejak pekan lalu aktivitas operasi di rumah sakit milik Pemprov Papua itu kembali normal setelah sempat terhenti beberapa waktu lalu.

"Sudah berjalan seperti biasa. Berjalan normal. Tapi bagaimanapun, tempat tidur terbatas, kamar operasi terbatas, dokter terbatas, juga obat dan peralatan. Sistemnya memang harus diperbaiki," kata dr. Donald Aronggear menjawab pertanyaan Jubi, Senin (27/8/2018).

Wadir RSUD Jayapura: Aktivitas operasi kembali normal 1 i Papua

Menurutnya, beberapa waktu lalu aktivitas operasi pasien di RSUD Jayapura sempat terhenti selama dua hari karena selama ini pihaknya tak maksimal mensterilkan peralatan operasi. 

"Alatnya sudah tua. Akhirnya pasien ada yang dipindahkan ke RSUD Abepura dan RSUD Yowari. Tapi pasti tak maksimal untuk membackup RSUD Jayapura," ucapnya.

Meski operasi di RSUD Jayapura sudah berjalan normal, namun pihak rumah sakit membatasi operasi terhadap pasien. Pasien dengan kondisi mendesak yang diprioritaskan.

Katanya, lantaran berstatus rumah sakit rujukan, selama ini banyak pasien dari daerah yang akan melakukan operasi kecil dirujuk ke RSUD Jayapura.

Loading...
;

"Makanya kami batasi dulu. Ada yang diprioritaskan dulu. Yang rujukan dari rumah sakit tipe C. Kalau dari poli atau yang bisa ditangani di tipe C misalnya daging tumbuh itu kan bisa menunggu. Selama inikan asal rujuk tanpa koordinasi ke kami," katanya.

 Ketua DPR Papua, Yunus Wonda yang bertemu dengan Wadir dan jajaran manajemen RSUD Dok Jayapura, Senin (27/8/2018), membenarkan jika operasi di rumah sakit itu sudah kembali berjalan. Namun menurutnya, ada berbagai hal harus dibenahi termasuk di ruang operasi agar pasien bisa nyaman.

"Misalnya saja, ruang operasi itu harus steril. Bagaimana pasien mau merasa nyaman kalau ruang operasi tak steril," kata Wonda.

Informasi yang dihimpun Jubi dari sumber di lingkungan rumah sakit menyebut, jika ruang operasi sejak beberapa hari terakhir sudah kembali melayani operasi. Namun masih sebatas operasi kecil semisal saat ada pasien kecelakaan dan lainnya.

Yusak Taplo, salah satu keluarga pasien yang baru selesai menjalani operasi membenarkan jika kini sudah ada aktivitas operasi di rumah sakit.

"Adik saya baru saja selesai operasi. Tangannya patah karena jatuh dari tebing," kata Yusak Taplo kepada Jubi di depan kamar operasi RSUD Jayapura.

Menurutnya, selama menjalani perawatan di RSUD Jayapura, beberapa obat yang dibutuhkan adiknya gratis. Namun ada juga yang harus dibeli di luar karena tak tersedia di dalam rumah sakit.

"Misalnya salep luka, saya harus cari di apotek di luar rumah sakit karena tidak ada di sini (dalam rumah sakit)," ucapnya. (*) 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top