HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Wagub minta seluruh ODP dan PDP di Papua di tes massal

Suasana rapat evaluasi penanganan dan pencegahan Covid-19 di tingkat Pemerintah Provinsi Papua - Jubi/Alex
Wagub minta seluruh ODP dan PDP di Papua di tes massal 1 i Papua
Suasana rapat evaluasi penanganan dan pencegahan Covid-19 di tingkat Pemerintah Provinsi Papua – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, minta Dinas Kesehatan dan Satuan Tugas (Satgas) di wilayahnya melakukan tes massal bagi 4.029 pasien dengan status orang dalam pemantauan (ODP) dan 152 pasien dalam pengawasan (PDP).

“Dinas Kesehatan harus selesaikan soal ini, sebab yang baru dilakukan PCR baru 752 orang, berarti sisanya (selisihnya) dalam dua minggu ini harus diselesaikan,” kata Klemen Tinal saat rapat bersama Pimpinan OPD di Jayapura, Senin (27/4/2020) malam.

Wagub minta seluruh ODP dan PDP di Papua di tes massal 2 i Papua

Agar lebih mudah, dirinya minta agar jumlah ODP dan PDP dirincikan per kabupaten/kota, dengan harapan semua sudah menjalani tes dan tidak terlewatkan.

“Silakan data ODP dan PDP per kabupaten/kota, sehingga tes bisa dilakukan dalam waktu satu minggu. Kalau sudah tes, baru kita lakukan penjagaan secara medis,”.

“Saya juga sudah minta Dinas Perhubungan untuk menyiapkan penerbangan lokal, guna mendistribusikan apa yang dibutuhkan, mengingat laboratorium hanya ada satu di Jayapura,” ujarnya.

Ia mengaku tidak mempermasalahkan jika jumlah kasus positif akan naik secara signifikan setelah dilakukan tes massal, terutama di kabupaten yang jumlah kasusnya banyak seperti Timika, Nabire, Merauke, dan Wamena.

Loading...
;

“Setelah tes apakah nantinya mereka harus dirawat atau dilakukan karantina pribadi silakan lakukan, yang penting hasilnya jelas karena yang buat grafik cepat naik, itu seperti yg disampaikan Presiden kerena ODP dan PDP-nya aktif ke sana kemari,”.

“Ini yang paling fokus harus dilakukan Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19, sebab ini sesuai dengan permintaan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas bersama pimpinan daerah se-Indonesia,” katanya.

Wagub Klemen Tinal menambahkan secara nasional pemerintah pusat menargetkan kasus pandemi Covid-19 akan berakhir pada Juli 2020. Untuk itu, jika Papua bisa bekerja dengan baik, pasti akan selesai bersamaan dengan nasional.

“Dana Otonomi Khusus 80 persen kita juga sudah mau tranfer ke kabupaten/kota, sehingga dana itu bisa digunakan sebesar-besarnya untuk penanganan Covid-19 yang berhubugan dengan orang asli Papua,” tutupnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.