Wagub Papua minta kinerja ASN dievaluasi tiap 6 bulan

Wakil Gubernur Papua
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal. - Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal meminta setiap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah atau OPD Pemerintah Provinsi Papua untuk mengevaluasi kinerja Aparatur Sipil Negara setiap enam bulan sekali. Evaluasi rutin itu diharapkan akan memaksimalkan pelayanan publik.

Hal itu dinyatakan Tinal di Kota Jayapura, Jumat (13/11/2020). “Pimpinan OPD harus bisa memastikan pegawainya benar-benar disiplin dalam bekerja. Agar pelayanan bisa benar-benar maksimal,” kata Klemen Tinal, Jumat.

Ia meminta para pimpinan OPD menerapkan strategi reward dan punishment juga, agar disiplin setiap pegawai terus meningkat.”Intinya ASN harus bekerja dengan baik. Jika tidak, ada risiko mereka diberhentikan. Apakah tahapannya langsung diberhentikan, atau ada teguran dulu, mekanismenya ada,” katanya tegas.

Baca juga: Kepala OPD dengan rapor merah akan dievaluasi

Menurut Tinal, evaluasi kinerja tidak hanya berlaku bagi staf. Tinal menyatakan pihaknya juga menerapkan evaluasi serupa untuk setiap pimpinan OPD. Evaluasi itu penting untuk mengukur kemampuan pimpinan OPD menerjemahkan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua.

“Pimpinan OPD juga akan kita evaluasi tiap enam bulan. Evaluasi, koreksi, kita panggil satu-satu, kasih tahu kalau ada hal yang tidak berjalan, kita tegur. Dengan demikian, kami ada rasa saling memiliki,” ujarnya.

Tinal menambahkan pimpinan OPD harus menguasai manajemen, sehingga mampu mengorganisir dinas, biro, maupun badan secara efektif dan efisien. “Intinya, reward dan punishment harus adil dan berimbang. Jika pimpinan disiplin dan mampu bekerja dengan baik, pasti stafnya juga akan bekerja dengan baik,” tutupnya. (*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top