Follow our news chanel

Wagub Papua: Pembiayaan PON XX tak ada masalah

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal didampingi Sekda Papua Hery Dosinaen saat diwawancarai wartawan. - Jubi/Alex
Wagub Papua: Pembiayaan PON XX tak ada masalah 1 i Papua
Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal didampingi Sekda Papua Hery Dosinaen saat diwawancarai wartawan. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi ÔÇô Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengatakan tidak ada masalah dalam penganggaran dana yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2020. Pembiayaan PON yang akan bersumber dari anggaran pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi Papua telah tersedia.

Menurut Tinal biaya penyelenggaraan PON XX Papua 2020 mencapai Rp4,8 triliun. “Yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah [atau APBD Papua] sebesar Rp2 triliun. [Sejumlah] Rp500 miliar [bersumber dari anggaran] Kementerian Olahraga dan Pemuda. [Sisanya] Rp2,3 triliun, disanggupi Presiden memakai dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2020,” kata Tinal di Jayapura, Kamis (23/1/2020).

Tinal menyatakan ia telah melaporkan perkembangan persiapan penyelenggaraan PON XX Papua kepada Presiden Joko Widodo. Laporan itu disampaikan dalam Rapat Terbatas 18 Januari lalu.

“Tanggapan Presiden sangat bagus dan bersemangat membantu Pemerintah [Provinsi] Papua, supaya pelaksanaan PON XX Papua berjalan baik. Presiden juga telah menginstruksikan seluruh kementerian dan lembaga di Jakarta untuk menyukseskan pelaksanaan PON,” ujar Tinal.

Tinal menyatakan Papua harus bisa mengambil manfaat dari perhelatan olahraga empat tahunan itu. Apalagi, jumlah atlet dan ofisial PON yang bakal datang ke Papua mencapai kisaran 12 ribu orang.

“Momen itu harus bisa dimanfaatkan. Bagi orang Papua yang punya kelebihan, buatlah sesuatu menjadi cinderamata, supaya pengunjung yang datang ke Papua bisa bawa oleh-oleh. Dengan begitu ada uang yang masuk ke kita,” katanya.

Loading...
;

Saat menyinggung soal akomodasi, kata ia, sudah tak ada masalah, sebab kapasitas penginapan yang ada di Kota Jayapura dan Kabupaten Mimika dipastikan bakal mencukupi. “Hanya memang untuk Merauke penginapan masih kurang. Itu akan menjadi perhatian kami untuk diselesaikan,” kata Klemen Tinal. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top