HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Wahana arung jeram baru di Sungai Jaifuri

Penari Sanggar Nafas Danau Sentani memeriahkan peresmian Wahana Arung Jeram Sungai Jaifuri, Sabtu (14/12/2019) – Jubi/Dominggus Mampioper.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Sungai Jaifuri berhulu di Danau Sentani, dan bermuara akhir di Samudera Pasifik, di dekat perbatasan Papua Nugini dengan Kota Jayapura. Di sungai tersebut, saat ini terdapat wahana olah raga arus deras, arung jeram.

Wahana Arung Jeram Sungai Jaifuri berada di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Bupati Mathius Awoitauw meresmikan wahana tersebut pada Sabtu (14/12/2019). Pembangunannya melibatkan Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Jayapura, pihak perhotelan, dan masyarakat adat Kampung Yokiwa.

Seremoni peresmian turut dimeriahkan dengan tarian yang dipersembahkan para seniman Kampung Yokiwa. Mereka bergabung dalam Sanggar Seni Nafas Danau Sentani.

“Ini merupakan upaya perlindungan terhadap sumber daya alam yang dimiliki masyarakat sehingga memiliki nilai tambah bagi penghidupan mereka. Ini sekaligus bentuk tanggung jawab bersama dalam menjaga alam karena merupakan titipan Tuhan,” kata Bupati Awoitauw, saat peresmian.

Awoitauw mengatakan kegiatan pariwisata dapat menciptakan efek berantai terhadap aktivitas kebudayaan, olah raga, dan ekonomi. Pernyataan tersebut diamini Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura Joko Sunaryo.

“Wahana Arung Jeram Sungai Jaifuri memiliki nilai jual dan multiefek tinggi karena menampung 50 pekerja. Pariswisata yang pro-tenaga kerja (padat karya),” kata Joko.

Loading...
;

Dia melanjutkan aktivitas arung jeram membuat jalur perlintasan Danau Sentani tersebut tetap terjaga kebersihannya.  Selain itu, menggerakkan perputaran uang di masyarakat.

Wahana Arung Jeram Sungai Jaifuri memiliki lima perahu karet, yang dalam satu hari bisa meraup pendapatan sekitar Rp9 juta.  Perputaran uang juga diperoleh melalui pengoperasian 20 perahu tradisional, yang bisa menghasilkan Rp10 juta sehari.

Menurut Joko Arung Jeram Sungai Jaifuri merupakan arung jeram pertama berlevel II di Papua. Jarak perlintasannya sekitar 3 kilometer, dan aman untuk semua kalangan peminat.

Baca juga  Sidak, Wali kota Mano temukan taman Mesran penuh sampah

“Tarifnya Rp100 ribu per orang. Pembayarannya menggunakan tapcash (kartu transaksi elektronik) BNI,” ujarnya

Sungai Jaifuri merupakan jalur limpasan (outlet) Danau Sentani yang berada pada kemiringan sekitar 71,5-76,5 meter. Berdasarkan Data Balai Wilayah Sungai Papua, 2012, debit air pada sungai tersebut sekitar 2.350 meter kubik setiap detik.

Berdasarkan kajian Mohammad Fauzi, dan kawan kawan dari Teknik Pengairan Universitas Brawijaya, Malang, 2014, terdapat sekitar 14 sungai yang mengalir ke Danau Sentani. Karena itu, salah satu fungsi danau tersebut ialah sebagai tampungan banjir.

Mengutip hasil penelitian Balai Wilayah Sungai Papua pada 2012, Danau Sentani mampu menampung sekitar 4.821 juta meter kubik air. Adapun luasnya sekitar 9.360 hektare, dengan kedalaman rata-rata 24,5 meter. Area tercuram atau terdalam berada di Barat Doyo Lama dan Boroway, sedangkan terlandai atau dangkal di sebelah Timur Puay serta Simporo. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa