HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Wali Kota Jayapura sebut perda harus berkualitas dalam pelayanan publik

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano saat membacakan pidatonya dalam rapat paripurna dengan agenda penetapan program pembentukan peraturan daerah 2020. - Jubi/Ramah
Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano saat membacakan pidatonya dalam rapat paripurna dengan agenda penetapan program pembentukan peraturan daerah 2020. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

ย Jayapura, Jubi – Peraturan daerah (perda) merupakan produk hukum tertinggi di daerah, yang berfungsi sebagai salah satu alat dalam melakukan transformasi sosial dan demokrasi, serta menjawab perubahan dan tantangan pada era otonomi dan globalisasi.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, pembentukan perda berdasarkan pada berskala prioritas, sinkron secara vertikal dan horisontal dengan peraturan perundang-undangan, serta terkoordinasi, terarah, dan terpadu yang disusun bersama antara DPRD dan pemerintah daerah.
“Perda itu harus memberikan hak dan kewajiban, sehingga perda itu berkualitas dalam pelayanan publik,” ujar Tomi Mano, saat ditemui setelah rapat paripurna penetapan program pembentukan peraturan daerah di kantor DPRD Kota Jayapura, Senin (25/11/19).
Menurut Tomi Mano, perda dibuat bukan untuk kepentingan pemerintah daerah tapi harus ada sumbangsih kepada masyarakat, sehingga penyelenggaraan pemerintahan baik pelaksanaan pembangunan dan pelayanan pada masyarakat, dapat terlaksana dengan baik.
“Perda yang sudah dibuat jangan hanya disimpan dalam bantal, tapi harus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat paham hak dan kewajibannya,” ujar Tomi Mano.
Wakil Ketua I DPRD Kota Jayapura, Johan Betaubun mengatakan, penyusunan dan pembentukan perda di antaranya harus ada filosofi pembentukan, tujuan pengaturan, fungsi pengaturan, landasan pengaturan, dan pertimbangan hukum.
“Kami harapkan adanya keseriusan dan tanggung jawab dari pihak eksekutif dalam program pembentukan peraturan daerah, agar benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat,” ujar Johan.
Menurut Johan, setiap tahun Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura menyusun dan menetapkan program pembentukan perda, sebagaimana tertuang dalam Pasal 39 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 pembentukan peraturan perundang-undangan.
“Tentunya masih terdapat kelemahan yang harus diperhatikan, yaitu perencanaan dan penyusunan rancangan perda sering kali belum dihubungkan dengan RPJMD, Renstra SKPD,” ujar Johan.
Selain itu, Pemkot Jayapura belum menggunakan metodologi yang tepat dalam pengkajian permasalahan terkait penyusunan kajian akademik, dan masih rendahnya menjaring partisipasi serta mengakomodir kepentingan publik, dengan tahapan-tahapan pembentukan perda yang belum dilaksanakan secara maksimal.
“Dengan perda maka berbagai kelemahan tersebut dapat ditekan, sehingga proses pembentukan perda lebih mudah dan dapat menghasilkan perda yang baik dan berkualitas,” jelas Johan.
Perlu diketahui, dalam rapat paripurna DPRD Kota Jayapura masa persidangan I Tahun 2019 dengan agenda penetapan program pembentukan peraturan daerah Kota Jayapura 2020, telah ditetapkan 10 rancangan perda.
Adapun 10 rancangan perda tersebut, di antaranya perda tentang pertanggung-jawaban pelaksana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019, perubahan APBD 2020, penetapan APBD 2021, dan penyelenggaraan rumah susun Kota Jayapura.
Kemudian, perubahan Perda Nomor 2 Tahun 2013 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan, kepariwisataan, perubahan kelima Perda Kota Jayapura Nomor 2 Tahun 2012 tentang retribusi jasa parkir, rencana induk sistem proteksi kebakaran, dan pedoman pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pegawai honorarium daerah dan pekerja bukan penerima upah di Kota Jayapura. (*)
Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa