Follow our news chanel

Previous
Next

Wali Niphi ikut seleksi Lomba Perpustakaan Kampung Nasional

papua-rumah-baca-yoboi
Doa sebelum belajar di Rumah Baca Wali Niphi di Kampung Yoboi, Sentani, dengan menjalankan protokol kesehatan - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, JubiRumah Baca Wali Niphi di Kampung Yoboi, Distrik Sentani terpilih sebagai salah satu kandidat peserta Lomba Perpustakaan Kampung Nasional tahun ini. Mereka bersaing bersama lima kandidat lain untuk mewakili Papua dalam ajang yang digelar Perpustakaan Nasional tersebut.

“(Calon) peserta lomba lainnya (di Papua) berasal dari Kepulauan Yapen, Waropen, Biak Numfor, Keerom, dan Kota Jayapura. Penilaian untuk Biak Numfor, Yapen, dan Waropen dilakukan secara online (daring), sedangkan yang lain melalui kunjung ke lokasi,” kata Ketua Dewan Juri Lomba Perpustakaan Kampung Nasional Papua Eli Worabai saat mengunjungi Rumah Baca Wali Niphi, Selasa (22/9/2020).

Worabai mengatakan aspek penilaian lomba, di antaranya mencakup sistem pengelolaan dan fasilitas pendukung perpustakaan, serta kerja sama dengan pihak lain. Tim Juri juga menggali informasi mengenai minat baca dan tingkat swadaya masyarakat setempat dalam mengelola perpustakaan kampung.

“Rumah Baca Wali Niphi memenuhi kriteria nasional sebagai perpustakaan kampung. Kami berharap pengelolaan dan kegiatan literasinya terus berkembang sehingga dapat melahirkan generasi penerus berwawasan luas,” kata Worabai.

Dia menjelaskan kriteria perpustakaan kampung ideal tersebut, antara lain memiliki tenaga pendamping, jadwal teratur, dan koleksi bukunya lengkap. Kelengkapan koleksi bacaan tersebut juga mendapat perhatian khusus dalam penilaian lomba tingkat nasional.

Pengelola Rumah Baca Wali Niphi Hanny Felle tidak menyangka mereka akan diikutsertakan sebagai peserta seleksi Lomba Perpustakaan Kampung Nasional. “Semua pertanyaan juri tadi saya jawab sesuai kondisi saat ini. Saya bersyukur, ini moment luar biasa. Rumah Baca Wali Niphi bisa diikutkan sebagai peserta (seleksi).” (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top