Follow our news chanel

Previous
Next

Wamena, waspadai curah hujan di bagian hulu

Wamena, waspadai curah hujan di bagian hulu 1 i Papua
Kepala BMKG stasiun meteorologi Wamena, Subahari memperlihatkan situasi atau pantauan kondisi cuaca di kantornya-Jubi/Islami.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Wamena menyebut, intensitas atau curah hujan di Jayawijaya dan wilayah pegunungan pada umumnya kian meningkat.

Hal ini diperkirakan berlangsung hingga awal Maret mendatang. Meski di awal Januari ini intensitas curah hujan masih dalam kategori normal yakni 50-100 milimeter, namun pada akhir Februari hingga awal Maret intensitasnya meningkat.

“Kalau di Januari ini pola hujan mulai berubah dari malam hingga dini hari dengan intensitas sering atau setiap hari akan turun hujan,” kata kepala BMKG stasiun meteorologi Wamena, Subahari kepada wartawan di kantornya, Senin (6/1/2020).

Ia menyebut, tingginya curah hujan ini juga terjadi di bagian hulu ke hilir atau dataran rendah, sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan banjir di bagian lembah atau pada hilirnya.

“Meskipun di wilayah lembah ini tidak hujan, tetapi jika dibagian hulunya hujan deras sehingga bisa menimbulkan banjir, ini yang perlu diantisipasi karena di lembah curah hujannya kita masih bisa takar atau terbaca, tetapi kalau di bagian hulu tidak dapat dilakukan penakaran curah hujan,” katanya.

Ia menambahkan, di Wamena intensitas hujan seminggu ke depan sudah mulai meningkat apalagi tanggal 15 Januari nanti sudah mulai masuk bulan purnama dimana lima hari sebelum itu biasanya terjadi hujan lebat.

Loading...
;

“Ada juga peningkatan masa udara yang pertumbuhannya mulai meningkat. Di wilayah pegunungan ini bisa saja curah hujannya tidak merata, karena penakar curah hujannya baru ada di kota, sehingga jika terjadi hujan di daerah hulu itu yang tidak bisa ditakar,” katanya.

Sementara itu kepala distrik Wamena Kota, Lince Kogoya berharap seluruh warga masyarakat agar tetap waspada dengan curah hujan yang mulai meningkat, dengan tetap menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

Pasalnya kata Lince, pengalaman dari tahun ke tahun saat hujan turun pasti saja banyak pemukiman yang tergenang sehingga untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan saluran pembuangan air menjadi tersumbat.

“Setiap sampah rumah tangga hendaknya dikemas lalu disiapkan di depan pekarangan karena setiap pagi ada petugas kebersihan yang selalu mengaangkut sampah, atau tidak buanglah pada tempat yang telah disediakan,” kata Lince Kogoya.

Ia juga berpesan jangan sampai kejadian banjir di daerah lain terjadi di Wamena karena tidak dapat menjaga lingkungan masing-masing. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top