Follow our news chanel

Previous
Next

Wamytan terpilih kembali sebagai Presiden Kongres Kaledonia Baru

Roch Wamytan. - RNZI/ AFP

| Papua No.1 News Portal | Jubi

Nouméa, Jubi – Politisi pro-kemerdekaan, Roch Wamytan, telah kembali terpilih sebagai Presiden Kongres Kaledonia Baru untuk masa jabatan satu tahun kedepan.

Wamytan, dari partai Caledonian Union (CU), memenangkan 29 dari 54 suara di pemilihan putaran pertama setelah mendapat dukungan dari tiga anggota partai Pacific Awakening yang baru. Ia mengalahkan Gil Brial, kandidat dari kelompok koalisi anti-kemerdekaan Future with Confidence, dan Magali Manuhalalo dari partai anti-kemerdekaan lainnya, Caledonia Together. Masing-masing mereka hanya berhasil mendapatkan 19 dan enam suara.

Terpilihnya kembali Wamytan berarti ia akan menjadi Presiden Kongres Kaledonia Baru untuk keempat kalinya sejak 2011.

Dia menyambut kemenangannya kembali sebagai tanda bahwa Kongres itu akan terus dipimpin oleh mayoritas Pasifik. Wamytan menegaskan dia akan terus bekerja menuju sebuah masyarakat Pasifik berdasarkan nilai-nilai saling berbagi, toleransi, dan kebaikan hati.

Partai Pacific Awakening yang mewakili mayoritas kelompok masyarakat dari Wallis dan Futuna di Kaledonia Baru tetap mendukung Wamytan, meskipun Manuhalalo juga merupakan keturunan Futuna.

Pemilihannya Wamytan ini terjadi kurang dari tiga bulan sebelum referendum Kaledonia Baru yang berikutnya untuk menentukan nasib politiknya.

Loading...
;

Pada pemilihan terakhir pada Mei 2019, Roch Wamytan terpilih sebagai Presiden Kongres Kaledonia Baru. Saat itu Wamytan juga memperoleh 29 dari 54 suara setelah mendapat dukungan dari tiga anggota partai Pacific Awakening.

Tahun lalu ia mengalahkan Manuhalalo yang mendapatkan 25 suara.

Partai Pacific Awakening sendiri dianggap sebagai bagian dari blok anti-kemerdekaan tahun lalu, setelah pemilihan provinsi di Kaledonia Baru. Sama seperti kali ini, partai itu juga memutuskan untuk mendukung Wamytan, bukan Manuhalalo. (RNZI)

 

Reporter: Elisabeth Giay

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top