Warga di daerah ini tertular Covid-19 saat persiapan hajatan

Papua, Karantina Covid-19
Ilustrasi, karantina Covid-19 – Jubi/LeonArt

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Sebanyak 70 warga di RT 24 dan 25, Dusun Ngunan-unan, Srigading, Sanden, Kabupaten Bantul, Yogayakarta dinyatakan positif Covid-19. Mereka diduga terpapar saat mempersiapkan hajatan di rumah seorang warga.

“Positif 70, sekarang (dua RT) masuk zona merah,” kata Lurah Srigading Prabawa Suganda, Selasa (29/6/2021).

Baca juga : Tak isolasi, warga positif Covid-19 malah gelar hajatan 

Seorang suami di Makassar tertular Covid-19 dari istri yang hamil  

Sebanyak 66 warga di desa ini positif Covid-19 usai hajatan

Suganda mengatakan puluhan kasus ini ditemukan melalui pemeriksaan massal terhadap 95 warga di RT 24 dan 25. Mereka diminta menjalani tes polymerase chain reaction (PCR), beberapa hari lalu yang hasilnya baru diumumkan Senin (28/6/2021) kemarin.

Loading...
;

Pemeriksaan massal dilakukan usai adanya beberapa warga di dua RT tersebut yang mengalami demam dan meriang usai mengikuti kegiatan persiapan hajatan di lingkungan setempat bersama warga lainnya.

“Tanggalnya (persiapan hajatan) sekitar dua minggu yang lalu mulainya. Karena swab lima hari sampai satu minggu baru keluar hasilnya,” ujar Suganda menambahkan.

Meski ia belum bisa memastikan apakah benar kegiatan persiapan hajatan tersebut yang memicu penyebaran virus.  Namun dipastikan beberapa dari warga terkonfirmasi sempat terlibat di dalamnya.

“Sebagian mungkin iya (ikut persiapan hajatan),” katanya.

Saat ini warga yang positif Covid-19 masih isolasi mandiri hal itu karena shelter desa yang berlokasi di Puskesmas Pembantu hanya punya daya tampung 7 orang kini sudah penuh. Sedangkan Satgas Covid-19 setempat sedang mengupayakan SMK Negeri 1 Kelautan Sanden sebagai shelter baru yang kapasitasnya diperkirakan menampung sekitar 40 orang. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top