Warga Jayapura adukan beragam masalah kepada anggota DPR Papua

Anggota DPR Papua
Anggota Komisi III DPR Papua, Yanni, menggelar dialog dengan warga Kabupaten Jayapura di Sentani, Sabtu (19/12/2020). - Jubi/Arjuna

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Warga Kabupaten Jayapura menyampaikan beragam masalah kepada anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR Papua, Yanni, saat sang legistor Papua itu menggelar dialog dengan perwakilan warga di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Sabtu (19/12/2020). Perwakilan warga yang mengikuti dialog itu datang dari berbagai distrik di Kabupaten Jayapura.

Perwakilan warga transmigrasi dari Distrik Nimbokrang, Siswanto berharap DPR Papua dapat memfasilitasi penyelesaian sengketa lahan transmigrasi di Distrik Nimbokrang. Menurut Siswanto, sengketa lahan transmigran itu telah mencuat sejak 10 tahun lalu, dan hingga kini belum diselesaikan.

“Sejak 10 tahun lalu, lahan yang dikelola warga transmigrasi di sana dipalang oleh pemilik ulayat, karena masih ada hak hak mereka yang belum diselesaikan pemerintah. Kami harap DPR Papua membantu mendorong proses penyelesaiannya,” kata Siswanto.

Salah satu perwakilan masyarakat adat, Alexander Tecuari juga berharap ada solusi terhadap masalah lahan transmigrasi itu. Menurut Tecuari, warga transmigrasi di Nimbokrang membutuhkan lahan itu untuk menunjang perekonomian mereka.

Baca juga: DPR Papua kembalikan KUA-PPAS RAPDB 2021 kepada eksekutif

“Diharapkan masalah itu diselesaikan. Kami harap DPR Papua secara kelembagaan mendorong penyelesaiannya. Bukan hanya oleh Ibu Yanni,” kata Tecuari.

Mewakili kelompok perempuan, Abina Beno mengharapkan DPR Papua mendorong sosialisasi penghentian kekerasan terhadap perempuan dan anak. Ia juga ingin kaum perempuan diberdayakan, dan tercipta kesetaraan gender di Papua.

Loading...
;

Beno menyebut kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Papua masih banyak terjadi. “DPR Papua mesti mendorong menyosialisasikan penghentian kekerasan terhadap perempuan dan anak,” kata Abina Beno.

Anggota Komisi III DPR Papua, Yanni mengatakan ia akan meneruskan berbagai aspirasi yang disampaikan warga itu kepada komisi terkait di DPR Papua. Ketua Fraksi Gerindra DPR Papua itu menyatakan masalah sengketa tanah transmigrasi yang berlarut larut di Nimbokrang harus ditindaklanjuti oleh Komisi I di DPR Papua.

Menurut Yanni, jika sengketa lahan transmigran di Nimbokrang itu tidak segera diselesaikan, masalah itu bisa berdampak terhadap aktivitas perekonomian dan pembangunan di Nimbokrang, terutama di bidang pertanian. “Kami ada anggota Gerindra di Komisi I DPR Papua. Saya akan sampaikan agar mereka mendorong upaya penyelesaian, dan melihat apa persoalannya,” kata Yanni.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top