Follow our news chanel

Previous
Next

Warga keluhkan pungutan pada kelambu gratis

Papua
Ilustrasi kelambu antimalaria - Kemenkes.go.id.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, JubiWarga mengeluhkan pembagian kelambu antimalaria di RT 02 RW XI Kampung Toladan, Sentani. Mereka dipungut biaya sebesar Rp5 ribu agar mendapatkan kelambu tersebut.

“Kami tahu kelambu itu gratis seperti yang sudah-sudah. Namun, kali ini kami disuruh mengumpulkan (menyetor) Rp5 ribu dahulu, baru bisa dapat kelambu,” kata Anche Wenda, warga setempat, Senin (31/8/2020).

Berdasarkan penjelasan pengurus RT setempat, biaya tersebut, menurut Wenda dikenakan sebagai pengganti ongkos transportasi. Warga keberatan karena pendistribusian kelambu dari puskesmas sudah menjadi tugas pengurus RT.

“Itu sudah menjadi tugas (pengurus) RT (mendistribusikan kelambu kepada warga). Kenapa kami harus bayar?,” ujar Wenda.

Dia menilai pungutan sebesar Rp5 ribu tersebut juga terbilang mahal jika hanya untuk biaya transportasi. “Rp5 ribu dikalikan jumlah warga RT 02, itu banyak sekali (besar nilainya). Kalau hanya (sumbangan) sukarela, mungkin masih masuk akal.”

Pendeta Iton Kogoya, warga lain juga mengutarakan keberatan serupa. “Kelambu itu diberikan (pengurus) RW kepada RT. Bagi (warga) yang mau ambil, harus membayar Rp5 ribu sebagai (pengganti ongkos) transportasi.”

Kepala Puskesmas Sentani Kota Adi Kurniawan menyatakan kelambu tersebut diberikan secara cuma-cuma kepada setiap keluarga. Karena itu, bantuan tersebut dilarang diperjualbelikan.

Loading...
;

“Program pembagian kelambu dilaksanakan setahun sekali. Jumlah penerima untuk setiap RT dan RW tidak sama karena bergantung jumlah penduduk masing-masing,” kata Adi saat dihubungi Jubi melalui telepon.

Adi menegaskan pemungutan biaya dalam pembagian kelambu merupakan pelanggaran. Namun, dia mengaku belum mengetahui kejadian yang dialami warga di RW XI Kampung Toladan tersebut. “Itu jelas melanggar aturan karena kelambu seharusnya gratis.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top