HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Warga keluhkan sampah menggunung di TPI Hamadi

Sampah yang menggunung tak jauh dari pasar ikan Hamadi – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Bau busuk tumpukan sampah di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Hamadi hingga membuat pengunjung harus tutup mulut dan hidung saat melintas disampingnya. Sampah-sampah itu sisa plastik es, kardus, dan boks sisa hasil pedagang ikan.

“Seharusnya sampah di pasar ikan ini setiap hari harus diangkut sama petugas kebersihan karena kalau sudah bermalam pasti sudah bau busuk,” ujar Amelia di pasar ikan Hamadi, Senin (30/3/2020).

Menurut Amelia, pengelolaan sampah pasar tradisional menjadi persoalan tersendiri yang dikeluhkan oleh warga, apalagi yang tinggal di sekitar pasar.

“Kalau ini dibiarkan seperti ini, pasar akan tetap bau, kotor dan membuat tidak nyaman para pengunjung, apalagi dibiarkan dikawasan terbuka seperti ini. Semoga tidak dibuang ke laut karena pasti mencemari lingkungan,” ujar Amelia.

Seorang pedagang bumbu dapur di Tempat Pelelangan Ikan Hamadi, Herman, mengatakan sudah satu minggu sampah tersebut belum juga diangkut dan dibiarkan menumpuk.

“Setiap hari kami ditarik retribusi oleh penjaga pasar. Kalau pemerintah yang tangani pasti pasar ikan ini tidak bau karena ada petugas kebersihannya. Pasar ini yang tangani warga sendiri,” ujar Herman.

Loading...
;

Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura, Matheys Sibi, mengatakan penanganan Tempat Pelelangan Ikan Hamadi bukan kewenangan Pemerintah Kota Jayapura tapi dikelola Pemerintah Provinsi Papua.

“Kami terus berupaya, kalau bisa pengelolaan dibagi antara pemerintah provinsi dan pemerintah kota. Sampai saat ini masih dilakukan kajian dan pendekatan, kalau untuk penyerahan aset belum. Kami terus melakukan koordinasi secara intens,” jelas Sibi. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca juga  DLH bantu bersihkan sampah di Pasar Pharaa Sentani

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa