Follow our news chanel

Warga Kondo marah, Ikan Gastor diburu dengan cara disetrum

papua, ikan gastor, setrum
Tokoh masyarakat Kampung Kondo, Nikolaus Sangra. Jubi/Frans K

 

Papua No.1 News Portal

Merauke, Jubi– Ungkapan kekecewaan dan kekesalan disampaikan masyarakat di Kampung Kondo, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir, ada orang tertentu dari kota masuk ke rawa milik masyarakat setempat, berburu Ikan Gastor dengan cara menyetrum.

Salah seorang tokoh masyarakat Kampung Kondo, Nikolaus Sangra kepada Jubi Sabtu (24/10/2020) mengatakan, orang yang tidak bertanggungjawab datang dari kota mengambil Ikan Gastor itu, dilakukan secara diam-diam. Mereka menggunakan aliran listrik menyetrum Ikan Gastor dalam rawa.

Akibatnya, lanjut dia, banyak Ikan Gastor kecil mati. Bahkan kalau ada yang hidup, perutnya besar dan kepala serta ekor kecil. “Kami tidak tahu orang-orang yang mengambil itu, tetapi jelasnya mereka dari kota,” katanya.

“Kita mau tahu bagaimana, mereka masuk ke rawa pun diam-diam tanpa sepengetahuan masyarakat ,”.

Dengan cara seperti demikian, tegasnya, secara perlahan Ikan Gastor dan lain-lain di dalam rawa mati dan pertumbuhannya tak sehat. “Kami berharap agar perlu ada perhatian serius dari Pemkab Merauke,” pintanya.

Hal serupa diungkapkan Markus (40), salah seorang warga Kampung Kondo. “Betul ada orang masuk di dusun kami dan mengambil ikan secara diam-diam, lalu cara yang dilakukan adalah menyetrum,” ujarnya.

Loading...
;

Dengan cara seperti demikian, katanya, banyak ikan gastor mati terutama ikan kecil. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top