Warga kunjungi pantai terdampak tsunami saat liburan Lebaran

Ilustrasi sudut di Pantai Hamadi Kota Jayapura - Jubi/Ramah

 

Warga kunjungi pantai terdampak tsunami saat liburan Lebaran 1 i Papua
Ilustrasi sudut di Pantai Hamadi Kota Jayapura – Jubi/Ramah

Selain mengunjungi pantai-pantai yang ada di daerah Pesisir Selatan, warga juga menyempatkan diri berkeliling melihat lokasi pascatsunami beberapa bulan lalu

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Bandarlampung, Jubi – Masyarakat dari dalam maupun luar Kabupaten Bandar Lampung mengisi libur Lebaran dengan mengunjungi pantai Pesisir Selatan seperti Pantai Kunjir, Way Muli, Banding  yang sebelumnya daerah terdampak tsunami pada akhir tahun lalu. Mereka ingin menyaksikan sisa-sisa dampak bencana alam laut itu.

“Baru pertama kali ini ke Pantai Way Muli,” kata Herman, seorang warga asal Jakarta, saat ditemui di lokasi, Sabtu, (8/6/2019).

Baca juga : BPJS Kesehatan jamin layanan peserta JKN-KIS selama libur lebaran

Libur lebaran, Puskesmas tetap buka sampai jam 12 siang

Loading...
;

Libur Lebaran, Taman Rimba raup untung

Herman mengaku datang dari Jakarta untuk mengunjungi keluarganya di Desa Banding. Meski sudah dua kali menginjakkan kaki ke tanah Pesisir Selatan tersebut, namun baru kali ini ke pantai Way Muli. “Kali ini sengaja mampir ingin lihat-lihat juga,” kata Herman menambahkan.

Selain mengunjungi pantai-pantai yang ada di daerah Pesisir Selatan, dirinya bersama keluarganya juga menyempatkan diri berkeliling melihat lokasi pascatsunami beberapa bulan lalu. Ia mengaku penasaran kondisi pantai yang terdampak tsunami. “Sama keluarga juga tadi sudah jalan-jalan untuk lihat lokasi yang pernah terkena tsunami,” katanya.

Seorang pengunjung Pantai Desa Kunjir, Nurjanah, juga sengaja melewati desa-desa tersebut yang pernah terkena tsunami.

Dirinya juga mengaku baru ada kesempatan sekali itu untuk bisa melihat lokasi tersebut.

“Ternyata parah juga bekas terkena ombak tsunami,” kata Nurjanah.

Pantauan di lokasi, warga yang datang ke pantai seperti umumnya yakni membawa perbekalan makanan, minuman serta alas tempat duduk.

Mereka juga selain duduk di bawah pohon yang rindang, bermain di pasir atau mencari kerang ada juga yang mandi namun tidak begitu jauh ke tengah.

Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta mengimbau wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata pantai selama libur Lebaran mewaspadai tinggi gelombang laut selatan.

“Kalau di atas 2,5 meter termasuk kategori cukup tinggi. Kami mengimbau  wisatawan yang mau mandi berhati-hati serta memperhatikan peringatan pengawas pantai,” kata Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, Etik Setiyaningrum,.

Etik mengatakan berdasarkan prakiraan pada 7 Juni 2019, tinggi gelombang laut selatan mencapai dua hingga tiga meter.

Gelombang perairan selatan DIY memiliki pergerakan dari tenggara menuju barat laut. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top