Warga Maribu peroleh informasi tentang kue sagu dari perpustakaan kampung

Sipora Sorontou dengan hasil produksinya, kue martabak sagu. -Jubi/Engel Wally

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Dampak kehadiran perpustakaan di kampung secara perlahan namun pasti, telah berpengaruh positif bagi masyarakat di sekitarnya.
Hal itu disampaikan Sipora Sorontou, pembuat aneka kue dari bahan sagu. Ia tinggal di Kampung Maribu, Distrik Sentani Barat Moi, Kabupaten Jayapura.
Menurutnya, ia mulai membuat aneka kue sagu awalnya dari informasi di perpustakaan yang ada di kampungnya. Informasi tersebut yakni cara meracik adonan kue berbagan sagu. Hasilnya, ia mengelola usahanya sudah sejak 2016 lalu dan terus berkembang.
Ia lantas memasarkan hasil produksi ke sebagian kios di Distrik Sentani Barat Moi, serta menawarkan penjualan secara online di media sosial.

“Pada 2016 lalu ada pelatihan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Hasil pelatihan tidak direalisasikan karena minim informasi, lalu setahun kemudian melalui bacaan atau buku-buku di perpustakaan tentang bahan-bahan serta teknik pembuatan kue sagu, saya mulai mempraktikkan sendiri di rumah, ” ujar Sipora saat ditemui di Sentani, Selasa (7/9/2021).

Katanya, hasil olahannya ini sudah menjadi produk yang terus diminati oleh masyarakat di kampung. Ia juga sering menerima pesanan dari luar kampung ketika ada lembaga atau kantor yang melaksanakan kegiatan. Ia bahkan sering mengikuti pameran kuliner baik di Kota dan Kabupaten Jayapura bahkan Provinsi Papua.

“Dua bulan lalu sudah saya masukkan beberapa persyaratan untuk Badan Pengelolaan Obat dan Makanan, agar ada izin resmi supaya hasil produk dapat dipasarkan secara massal. Sementara ini, masih dipasarkan di galeri pribadi di rumah, sambil menunggu pesanan dari luar, ” katanya.

Menurutnya, hasil dari menjual kue martabak dan biskuit sagu sangat menolong dan mendukung kebutuhan serta ekonomi keluarga. Banyak teman-teman yang datang meminta resep, ia kemudian menyarankan agar mereka memanfaatkan perpustakaan di kampung, untuk mendapatkan informasi serta cara mengelola produk yang mereka inginkan.

“Sebagai ibu rumah tangga, di masa pandemi covid 19 ini banyak waktu untuk digunakan di perpustakaan agar mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Apalagi untuk kebutuhan rumah tangga, melalui bacaan di perpustakaan kampung membuat kita tertantang agar lebih kreatif dalam mengurus kebutuhan rumah tangga, juga usaha-usaha kecil yang dapat kita olah. Bahan bakunya tidak terlalu susah karena selalu ada di sekitar lingkungan kita berada,” ucapnya.

Untuk pengembangan lebih lanjut, Sipora berharap ada dukungan dari pihak pemerintah kampung, distrik maupun Kabupaten Jayapura agar olahannya ini mendapat izin resmi, dan pasar serta pengembangannya dapat disebar luaskan bagi masyarakat umum yang ingin membuka usaha aneka kue dari bahan sagu.

“Pembinaan yang dilakukan pemerintah daerah juga jangan hanya karena program, lalu usahanya ditinggalkan tanpa pengawasan serta pembinaan berkelanjutan. Terima kasih kepada dinas perpustakaan dan kearsipan daerah yang terus mendorong serta membantu dalam proses pengembangan usaha kami,” ucapnya.

Loading...
;

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Jayapura, Rudi Julius Sokoy mengatakan, ada puluhan perpustakaan kampung yang telah dibuka pihaknya di Kabupaten Jayapura.

Keberadaan perpustakaan ini tidak hanya sebatas tempat untuk membaca buku dan setelah itu tidak ada yang diperbuat dari apa yang dibaca.

“Perpustakaan berbasis inklusi sosial ini yang sedang kami upayakan agar masyarakat tetap mempertahankan keberadaan perpustakaan di kampung. Dampak positifnya sudah mulai ada di sejumlah kampung yang benar-benar memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat mendapatkan informasi yang bermanfaat bagi mereka,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top