Warga minta Pemkab Merauke buka jalan permanen ke Kondo

papua, akses jalan ke kondo,merauke
Kondisi jalan ke Kampung Kondo, Kabupaten Merauke yang rusak parah – Jubi/Frans L Kobun

 

Papua No.1 News Portal

Merauke, Jubi- Masyarakat di Kampung Kondo, Distrik Naukenjeray, Kabupaten Merauke yang berjumlah 100 lebih kepala keluarga (KK), meminta pemerintah setempat agar ruas jalan permanen dapat dibuka, sehingga masyarakat leluasa ke kota bisa menjual hasil alamnya seperti ikan, kepiting, daging maupun umbi-umbian.

Permintaan itu disampaikan tokoh masyarakat Kampung Kondo, Nikolaus Sangra kepada Jubi Sabtu (24/10/2020). “Memang dari bupati ganti bupati, kami telah bersuara agar jalan menuju Kampung Kondo dapat dibuka. Hanya saja hingga sekarang belum direalisasikan,” ujarnya.

Sejauh ini, katanya, kendaraan roda dua maupun empat yang sering melintas tiap hari, melewati jalan yang dibuka ketika kendaraan masuk berburu. Ruas jalan dibuka apa adanya,hanya berupa tanah tanpa pengerasan.

“Memang kami menyadari bahwa perlu ada pembicaraan bersama empat golongan adat terlebih dahulu guna pembukaan jalan menuju Kondo. Karena di sejumlah tempat itu, terdapat lokasi atau wilayah sakral,” katanya.

Dikatakan, dengan belum adanya akses jalan permanen dibuka, masyarakat mengalami kesulitan bepergian ke kota. “Ada sejumlah titik jalan termasuk jembatan kayu dibangun warga, rusak parah dan sangat sulit dilalui kendaraan,” .

Apalagi, pada musim hujan. Sudah pasti masyarakat tak bisa ke kota menjual hasilnya. “Bagaimana mau melintas, kondisi badan jalan berlumpur dan rusak parah,” ujarnya.

Loading...
;

Pastor Anselmus Meo, pendamping masyarakat di Kampung Kondo mengakui jika salah satu persoalan serius yang terus dikeluhkan adalah jalan. Kondisi ini terjadi dari tahun ke tahun dan belum ada jawaban pemerintah.

“Betul bahwa untuk membuka akses jalan ke Kampung Kondo, perlu ada pembahasan dan kesepakatan bersama terlebih dahulu dari masyarakat empat golongan adat,” (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top