Warga Nabire diimbau waspadai gempa susulan

Ilustrasi gempa bumi - IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga waspada gempa susulan  yang sebelumnya terjadi di Nabire. Tercatat gempa bumi dengan magnitudo 4.3 mengguncang Kabupaten Nabire, pada Minggu (8/11/2020) malam, pukul 23.37 WIB.

Berdasarkan informasi yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi pada kedalaman 30 kilometer, pada koordinat 3.33 LS dan 135.46 BT. Pusat gempa diketahui berada di laut, 38 km arah barat laut Kabupaten Nabire.

Baca juga : Gempa Tektonik 4.4 SR guncang Manokwari Selatan 

Manokwari gempa, warga panik berlarian ke luar rumah 

Boven Digoel diguncang gempa magnitudo 5,2

Getaran gempa dirasakan di sekitar wilayah Nabire, dalam skala II dan III Modified Mercalli Intensity (MMI). Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan sesimometer di tempat kejadian, seperti dikutip dari laman BMKG.

Loading...
;

Pada skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan dalam skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Tidak dilaporkan potensi tsunami akibat gempa tersebut. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top